Kompas TV internasional kompas dunia

Kamala Harris Jadi Wakil Presiden AS, Warga Kampung Leluhurnya di India Ikut Merayakan

Kompas.tv - 8 November 2020, 12:19 WIB
kamala-harris-jadi-wakil-presiden-as-warga-kampung-leluhurnya-di-india-ikut-merayakan
Kamala Harris saat akan melakukan pidato kemenangan di Wimington, Delaware, Sabtu (7/11/2020) malam waktu setempat. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Haryo Jati

TAMIL NADU, KOMPAS.TV - Keberhasilan Kamala Harris menjadi Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) tak hanya dirayakan pendukung di negaranya saja.

Kebahagiaan juga diperlihatkan oleh oleh warga kampung Thulasendrapuram, Selatan Chennai, Negara Bagian Tamil Nadu, India.

Daerah tersebut merupakan kampung halaman kakek dari ibu Harris. Ibu mantan senator California tersebut memang merupakan imigran dari India.

Salah satu perayaan warga Thulasendrapuram adalah dengan melakukan kesenian tradisional gambar Kolam.

“Selamat Kamala Harris. Kebanggaan dari desa kami. Vanakkam (Salam) Amerika,” tulis seorang wanita dengan seni menggambar tersebut dikutip dari AP.

Penasihat Desa Thulasendrapuram, Aulmozhi Sudhakar mengungkapkan warga desa memang sudah dari jauh hari ingin memberikan selamat kepada Harris.

“Kami sudah menunggu lama untuk hari ini. Selamat. Kamala Harris adalah putri dari desa kami. Semua masyarakat, dari anak-anak hingg orang tua telah menunggu hari dia akan disumpah sebagai Wakil Presiden AS,” tutur Sudhakar.

Warga Thulasendrapuram juga akan mengadakan perayaan yang lebih meriah untuk keberhasilan Kamala Harris jadi Wakil Presiden AS.

Mereka akan mengadakan pentas seni dengan acara menyanyi serta menari dan menyalahkan kembang api di kuil, Minggu (8/11/2020) waktu setempat.

Sudahakar, yang juga mengorganisir doa bersama saat hari pemilihan, berharap Harris bisa mengunjungi desanya.

Ibu Harris datang ke AS pada usia 19 tahun dan berkuliah di Universitas California.

Dia kemudian menikahi ayah Harris, yang merupakan imigran dari Jamaika.

Nama Kamala sendiri berasal dari Bahasa Sansekerta yang berarti bunga lotus.

Kamala Harris menjadi wakil Presiden AS, setelah Joe Biden terpilih sebagai Presiden negara adidaya itu, Sabtu (7/11/2020).

Biden sukses mengalahkan petahana Donald Trump, setelah meraih electoral vote sebanyak 290.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x