Kompas TV nasional berita kompas tv

Luhut: Vaksinasi Corona di Pekan Ketiga Desember 2020

Kompas.tv - 5 November 2020, 23:16 WIB
Penulis : Christandi Dimas

KOMPAS.TV - Meski rencana awal vaksinasi massal corona di November 2020 dipastikan molor, pemerintah optimistis vaksinasi bisa dimulai pekan ketiga Desember 2020.

Yang jadi prioritas adalah tenaga kesehatan dan garda terdepan corona seperti pejabat publik, TNI, dan Polri.

Meski belum ditemukan efek mengkhawatirkan dari vaksin corona Sinovac buatan China, uji klinis fase ketiga yang dilakukan di Bandung belum sepenuhnya rampung.

Kabar gembira datang dari uji klinis fase ketiga kandidat vaksin corona Sinovac yang dilakukan Universitas Padjajaran di Bandung.

Dimulai sejak Agustus 2020, sebanyak 1.580 sukarelawan uji klinis sudah menjalani penyuntikan dosis kedua. Keseluruhan uji klinis diperkirakan rampung paling cepat Maret 2021.

Meski demikian, pemerintah optimistis bisa memulai vaksinasi massal corona atau Covid-19 pada pekan ketiga Desember 2020, yang mana disebut oleh Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam sebuah forum webinar pada 4 November 2020.

Sebelumnya, pemerintah memastikan tidak seluruh rakyat bisa menikmati vaksin corona gratis agar tak semuanya jadi beban pemerintah. Pasalnya, ada juga kalangan yang mampu membelinya.

Meski demikian, Presiden Jokowi berjanji bahwa vaksin corona yang nanti akan digunakan adalah vaksin yang sudah jelas aman, efektif, dan halal.

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia.Subscribe juga channel YouTube Kompas TV dan aktifkan lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru langsung.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x