Kompas TV regional berita daerah

Curah Hujan Tinggi Daerah Barat Sumsel Terancam Banjir

Kompas.tv - 5 November 2020, 20:25 WIB
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Cuaca ekstrem seperti hujan dengan intensitas tinggi, mengakibatkan banjir dan longsor, mulai melanda sebagian besar wilayah Sumatera Selatan.

BPBD Sumatera Selatan meminta warga yang berada di daerah rawan bencana waspada, terutama dibagian barat Sumatera Selatan.

Hujan dengan intensitas tinggi yang mengakibatkan banjir dan longsor, mulai terjadi di sebagian besar Sumatera Selatan.

BPBD Sumsel meminta masyarakat untuk waspada, terutama warga yang tinggal di daerah rawan banjir dan longsor.

Untuk antisipasi dampak bencana, BPBD Sumsel bersama TNI-Polri menyiapkan personil penanggulangan bencana, dibantu Dinas terkait seperti pekerjaan umum untuk kesiapan peralatan.

Termasuk bantuan yang juga dilakukan Dinas Kesehatan dan sosial untuk penanganan pengungsi.

Di Sumatera Selatan, baru Muara Enim, status siaga banjir dan longsor di wilayahnya, sedangkan untuk Provinsi status tersebut belum ditetapkan, karena untuk tingkat provinsi minimal 2 daerah sudah menetapkan status tersebut.

BPBD Sumsel mencatat sepanjang tahun 2020, di Provinsi ini ada 36 kali banjir, puting beliung 10 kali, 8 kali banjir bandang, tanah longsor 14 kejadian.

Prakiraan BMKG, pada dasarian II Oktober 2020 seluruh wilayah di Sumsel sudah memasuki musim hujan.

Rata-rata intensitas hujan berada pada level sedang hingga lebat, terutama di daerah Sumatera Selatan bagian barat seperti Pagaralam, Lahat, Empat Lawang, Muara Enim, Musi Rawas dan OKU Selatan.
#BPBD #BMKG #Sumsel

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x