Kompas TV nasional kompas pagi

Indonesia Calonkan Diri jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Kompas.tv - 5 November 2020, 08:31 WIB
Penulis : Merlion Gusti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setelah sukses menjadi tuan rumah Asian Games dan Asian Para Games pada tahun 2018 lalu, Indonesia kini mengincar posisi tuan rumah pada Olimpiade 2032. 

Untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, Indonesia akan bersaing dengan negara-negara seperti Australia, Jerman, Hingga India.

Pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah olimpiade 2032 dibahas dalam rapat terbatas, oleh Presiden Joko Widodo dan jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju. 

Jokowi berharap pencalonan ini bisa menjadi momentum Indonesia untuk memperbaiki infrastruktur keolahragaan serta prestasi atlet.

International Olympic Committee atau IOC juga telah menerapkan norma baru dalam pelaksanaan olimpiade, yaitu penyelenggaraan yang lebih sederhana dan hemat biaya. 

Untuk itu, presiden meminta kementerian dan lembaga terkait untuk menyiapkan rencana yang sesuai, sebelum batas waktu pemilihan tuan rumah yang berlangsung tahun 2024.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, menyatakan pemerintah akan menyiapkan tim khusus, untuk memenangi pencalonan sebagai tuang rumah Olimpiade 2032.

Tim khusus ini akan fokus bekerja untuk menyiapkan proses tawar-menawar, dan bertujuan mendapat kesempatan menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade 2032. 

Tim khusus ini akan beranggotakan perwakilan dari Kemenpora, Komite Olimpiade Indonesia, dan Komite Olahraga Nasional Indonesia.

Indonesia mencalonkan diri untuk menjadi penyelenggara Olimpiade dan akan bersaing dengan negara-negara seperti Australia, Jerman, Qatar, Unifikasi Korea, Serta India.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x