Kompas TV internasional kompas dunia

Ini Penyebab Pemenang Pemilu AS Belum Bisa Ditentukan

Kompas.tv - 5 November 2020, 01:48 WIB
ini-penyebab-pemenang-pemilu-as-belum-bisa-ditentukan
Petugas pemilu menghitung surat suara melalui pos hingga pagi hari, Rabu, 4 November 2020 di Pusat Penghitungan Suara di Milwaukee, AS. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

WASHINGTON, KOMPAS.TV – Pada Rabu (4/11/2020) pagi, Amerika Serikat terbangun tanpa mengetahui pemenang pemilihan presiden tahun ini.

Negara-negara bagian yang menjadi medan pertempuran kritis seperti Michigan, Wisconsin, dan Pennsylvania, belum mengumumkan pemenang.

Hingga kini, baik Donald Trump atau pun Joe Biden, belum ada yang mencapai minimal 270 suara electoral college yang diperlukan untuk menuju Gedung Putih.

Tahun ini AS telah dijungkirbalikkan oleh pandemi virus corona. Banyak negara bagian yang mempermudah proses pemberian suara melalui pos.

Jutaan orang pun akhirnya memilih untuk memberikan suara melalui pos, daripada harus ke luar rumah dan memberikan suara secara langsung di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Baca Juga: Pennsylvania Jadi Kunci Utama Kemenangan Pilpres Amerika Serikat

Hal ini berarti, hasil tabulasi suara yang dikirimkan melalui pos akan jauh lebih lama daripada yang diberikan secara langsung di TPS.

Selain itu, yang juga membuat proses penghitungan suara semakin lama adalah aturan di masing-masing negara bagian. Ada sekitar 20 negara bagian yang masih menerima surat suara yang diterima setelah hari pemilu, jika surat suara itu diberi cap pos pada hari pemilihan tanggal 3 November 2020.

Pennsylvania adalah termasuk negara bagian yang masih menerima surat suara setelah 3 November. Saat ini hasil dari Pennsylvania sangat ditunggu-tunggu, karena menjadi salah satu negara bagian penentu kemenangan.

Beberapa negara bagian, termasuk Florida, mulai menghitung surat suara yang dikirim lewat pos, sejak beberapa hari sebelum Hari Pemilihan. Mereka sudah mendapatkan hasil yang pasti dalam beberapa jam setelah pemungutan suara ditutup.

Seperti dilansir dari the Associated Press, Trump dinyatakan sebagai pemenang di Florida.

Banyaknya surat suara yang belum dihitung juga membuat alur pertarungan lebih sulit untuk ditentukan.

Baca Juga: Dunia Gelisah Menanti Hasil Penghitungan Suara Pilpres AS

Namun demikian, tidak ada alasan untuk meragukan hasil penghitungan suara. Tidak ada yang salah dengan hasilnya, hanya saja kita harus bersabar dan menunggu hingga semua suara bisa dihitung.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x