Kompas TV bisnis kompas bisnis

Bank Indonesia Menahan Suku Bunga, Stabilitas Keuangan Diklaim Masih Sehat

Jumat, 30 Oktober 2020 | 11:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Di tengah pandemi, stabilitas sistem keuangan diklaim masih dalam keadaan sehat. Namun bayangan ketidakpastian ekonomi masih akan membayangi pemulihan ekonomi nasional.

Rapat Dewan Gubernur RDG Bank Indonesia pada 12-13 Oktober 2020 memutuskan, untuk mempertahankan BI 7-day reverse repo rate atau bunga acuan di titik 4 persen. 

Suku bunga deposit facility sebesar 3,25 persen, dan suku bunga lending facility sebesar 4,75 persen.

Bank Indonesia juga menempuh lima kebijakan lain. Yaitu,
1. Melanjutkan kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah
2. Memperkuat strategi operasi moneter
3. Mempercepat langkah-langkah pendalaman pasar uang dan pasar valuta asing melalui electronic trading platform dan central counterparty
4. Memperkuat umkm melalui korporatisasi, peningkatan kapasitas, akses Pembiayaan, dan digitalisasi sejalan dengan gernas BBI.
5. Memperkuat ekosistem ekonomi dan keuangan digital.

Sejalan dengan kebijakan moneter dan makroprudensial akomodatif yang ditempuh Bank Indonesia, kondisi likuiditas tetap longgar sehingga mendorong suku bunga terus menurun dan mendukung pembiayaan perekonomian.

Sinergi ekspansi moneter Bank Indonesia dengan akselerasi stimulus fiskal pemerintah, dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional, juga terus diperkuat.
 
 

Penulis : Merlion Gusti



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:13
KEPONAKAN MAHFUD MD SEBUT MASSA MENGANCAM BAKAR RUMAH MENKO POLHUKAM DI PAMEKASAN JIKA RIZIEQ SHIHAB DIPENJARA   RUMAH MENKO POLHUKAM MAHFUD MD DI PAMEKASAN SEMPAT DIDATANGI SEJUMLAH ORANG YANG MENYERUKAN ANCAMAN   KUASA HUKUM RIZIEQ SHIHAB SEBUT KLIENNYA TIDAK BISA JALANI PEMERIKSAAN KARENA BARU KELUAR DARI RUMAH SAKIT   BRIGJEN PRASETIJO UTOMO CABUT BAP SOAL IRJEN NAPOLEON BONAPARTE TERIMA 50.000 DOLLAR AS DARI TOMMY SUMARDI   SATGAS PENANGANAN COVID-19 MINTA PEMPROV DKI DAN JATENG EVALUASI IMPLEMENTASI PROTOKOL KESEHATAN   JUBIR SATGAS PENANGANAN COVID-19 KECEWA ZONA MERAH COVID-19 NAIK DUA KALI LIPAT DARI MINGGU SEBELUMNYA   GUBERNUR GANJAR PRANOWO MINTA SEKOLAH YANG MENJADI KLASTER COVID-19 DITUTUP   GUBERNUR RIDWAN KAMIL MENYATAKAN OKUPANSI RUANG ISOLASI PASIEN COVID-19 DI JAWA BARAT MENDEKATI 70 PERSEN   PRESIDEN JOKOWI MINTA PARA MENTERI FOKUS REALISASIKAN ANGGARAN 2020 DAN BELANJA ANGGARAN 2021 DI AWAL TAHUN   PRESIDEN JOKOWI: KITA SANGAT OPTIMISTIS DALAM PENGENDALIAN COVID-19   KEPALA STAF PRESIDEN MOELDOKO MENGATAKAN PRESIDEN JOKOWI PUNYA KUNCI SENDIRI UNTUK TENTUKAN CALON KAPOLRI   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY: 31 DESEMBER LIBUR PENGGANTI IDUL FITRI   PEMERINTAH MENETAPKAN 24-27 DESEMBER 2020 SEBAGAI LIBUR NATAL 2020   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY MINTA MASYARAKAT ARIF DAN BIJAKSANA MEMANFAATKAN LIBUR DI TENGAH PANDEMI COVID-19