Kompas TV regional berita daerah

Hujan Deras Akibatkan Bukit Longsor dan Timbun 3 Rumah

Kompas.tv - 29 Oktober 2020, 15:27 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Tiga rumah warga di Kulon Progo, Yogyakarta rusak berat akibat diterjang longsor. Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam peristiwa itu, namun warga terpaksa mengungsi karena rumahnya tak lagi bisa ditempati.

Hujan deras yang terus turun dalam sehari penuh, menyebabkan bukit di Dusun Plampang 2, Kalirejo, Kokap, Kulon progo, Yogyakarta, longsor dan menimbun 3 rumah warga yang berada di bawahnya. Untuk membantu korban longsor, puluhan warga bersama aparat desa setempat gotong royong membersihkan material dan puing bangunan rumah. Selain itu, pemilik rumah juga berupaya menyelamatkan barangnya yang masih bisa digunakan.

Menurut salah seorang pemilik rumah, longsornya bukit diawali bunyi dentuman keras, sehingga membangunkan seisi rumah. Sadar bahaya longsor mengancam keselamatannya, mereka pun berhamburan keluar rumah melalui pintu dan jendela.

Tak ada korban jiwa maupun luka luka dalam peristiwa ini, namun warga terpaksa mengungsi ke tempat aman, karena rumah miliknya tak lagi bisa ditinggali. Hingga Selasa siang (27/10/2020) proses evakuasi barang dan pembersihan sisa longsor masih terus dilakukan. Pemerintah desa setempat juga berjanji akan membuatkan rumah hunian sementara di lokasi aman bagi para korban longsor.

Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Kulon Progo, lokasi longsor ini adalah salah satu daerah rawan bencana di musim penghujan, karena memiliki kontur wilayah berbukit dengan kondisi tanah yang labil. Warga pun diminta waspada, karena musim penghujan dan cuaca ekstrim mulai terjadi di daerahnya.

 

 #BPBD #Longsor #ProsesEvakuasi


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x