Kompas TV klik360 cerita indonesia

Tradisi Berebut Kenduri Saat Maulid Nabi

Kamis, 29 Oktober 2020 | 14:12 WIB

JEMBER, KOMPASTV – Warga Desa Ajung, Jember, Jawa Timur menggelar acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Kampung.

Uniknya, tradisi ini dirayakan dengan cara berebut bungkusan kenduri.

Setiap warga yang ikut berdoa, diwajibkan membawa bungkusan kenduri.

Warga kemudian berdoa, sekaligus mendoakan bungkusan-bungkusan yang dibawa oleh jamaah.

Setelah melaksanakan berdoa bersama, warga kemudian saling berebut kenduri yang dibawa.

Masyarakat percaya bahwa kenduri tersebut membawa berkah karena sudah didoakan.

Baca Juga: Les Bahasa Inggris, Bayar Pakai Sampah

Sugik Araya, salah seorang warga Desa Ajung ini mengaku, tradisi ini sudah ada dari dulu. Sejak kecil, ia sudah sering mengikuti tradisi tersebut.

“Memang ini sudah tradisi tiap tahun. Lumayan sempat berebut tadi, nggak dapat apa-apa. Sempat dorong-dorongan”, pungkas Sugik.

Setiap bungkusan kenduri berisikan makanan, seperti nasi, sayur, buah hingga uang.

Meski tengah berada pada pandemi Covid-19, acara ini tetap dilaksanakan dengan mewajibkan setiap jamaah menggunakan masker, untuk menghindari persebaran virus.

Penulis : Abdur Rahim



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Apindo Jabar Keberatan Kenaikan UMK

Jumat, 27 November 2020 | 12:39 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
12:56
PRESIDEN AS DONALD TRUMP SEBUT VAKSIN COVID-19 DIDISTRIBUSIKAN PEKAN DEPAN   KASUS COVID-19 DI BANYUMAS NAIK, DINAS PARIWISATA SETEMPAT TUTUP LOKAWISATA BATURADEN   PEMKOT JAKARTA TIMUR MELAKUKAN PENYEMPROTAN DISINFEKTAN DI 9.426 TITIK UNTUK CEGAH COVID-19   LURAH MAKASAR ARIYANTORO TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19, PELAYANAN KELURAHAN DIPINDAHKAN KE KECAMATAN   TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19, LURAH MAKASAR, JAKARTA TIMUR, AROYANTORO JALANI ISOLASI   KEMLU: KASUS BARU COVID-19 WNI DI LUAR NEGERI BERTAMBAH DI AMERIKA SERIKAT, ITALIA, JEPANG, KORSEL, KUWAIT, & VATIKAN   HINGGA 27 NOVEMBER 2020, KEMLU MENCATAT 2.003 WNI DI LUAR NEGERI TERKONFIRMASI POSITIF KORONA   PLT DIRUT RSUD TARAKAN MENGATAKAN 121 TENAGA KESEHATAN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   KODIM 0501 JAKARTA PUSAT GELAR TES CEPAT COVID-19 DI KELURAHAN PETAMBURAN, TANAH ABANG, JAKPUS   KPK: EDHY PRABOWO BELI SEPEDA MEWAH SAAT DI LUAR NEGERI   KPU KOTA SURAKARTA TEMUKAN 2.780 SURAT SUARA RUSAK   JELANG PILKADA, SATGAS COVID-19 MINTA MASYARAKAT JAGA JARAK AMAN & LAKSANAKAN PROTOKOL KESEHATAN DI TPS   GUBERNUR BANTEN WAHIDIN HALIM MENCATAT 800 PERUSAHAAN BANGKRUT AKIBAT PANDEMI COVID-19   HARI INI, MENDAG AGUS SUPARMANTO LEPAS EKSPOR 15 TON IKAN TUNA DARI SISTEM RESI GUDANG DI BENOA BALI KE KOREA SELATAN