Kompas TV nasional kompas siang

Libur Panjang, Pemerintah Ingatkan Protokol Kesehatan

Selasa, 27 Oktober 2020 | 13:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Perhubungan dan polisi mengerahkan 325 personel untuk mengamankan libur panjang.

Pemerintah mengimbau agar warga tetap di rumah saja. Namun jika terpaksa harus keluar rumah, masyarakat harus disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, melepas 325 personel tim gabungan Kementerian Perhubungan dan Polri ke sejumlah lokasi rawan macet, di antaranya di Pelabuhan Merak Banten, Tol Cikampek, dan kawasan Bogor Arah Puncak, Jawa Barat.

Pengamanan selama libur panjang, dipantau langsung dari pusat pengamatan lalu lintas Polri.

Dua prioritas utama selama libur panjang adalah keselamatan berlalu lintas dan pencegahan munculnya klaster penularan covid-19.
 
Dalam program Kompas Petang, Senin 26 Oktober 2020, Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan mulai hari ini dan besok, truk berukuran besar dilarang melintas di tol, dan diarahkan ke jalan arteri.

Selain itu, polisi mengantisipasi peningkatan jumlah kendaraan yang keluar dari jakarta selama libur panjang, yang diprediksi terjadi mulai sore nanti.

15 pos pengamanan disiagakan di sekitar Tol Jagorawi, Cikampek, Tangerang, dan di sejumlah lokasi wisata.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku, sudah pernah mengusulkan kepada pemerintah pusat, untuk mempertimbangkan penundaan cuti bersama pada pekan ini, yang berpotensi membuat masyarakat pulang ke kampung halaman, yang dikhawatirkan akan terjadi lonjakan kasus positif covid-19, yang harus diantisipasi pemerintah daerah.

Untuk itu, Anies mengimbau warga Jakarta yang akan keluar kota, disiplin 3M, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Pemerintah terus mengimbau agar libur panjang mulai 28 Oktober hingga 1 november masyarakat untuk tetap di rumah saja.

Namun jika ada kepentingan untuk bepergian, disiplin protokol kesehatan harus tetap ditegakkan, dan melakukan tes usap, agar dapat meminimalisasi penularan covid-19.
 

Penulis : Merlion Gusti


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:45
GUNUNG API SINABUNG DI KARO, SUMUT, KEMBALI TUNJUKKAN AKTIVITAS TINGGI, WARGA DIIMBAU TAK MEMASUKI ZONA MERAH   STOK BERKURANG AKIBAT MUSIM HUJAN, HARGA CABAI DI MALANG, JAWA TIMUR, NAIK DARI RP 90.000 MENJADI RP 12.000 PER KG   KORBAN KERACUNAN MASSAL YANG DIDUGA DARI NASI BOKS SAAT ACARA PENGAJIAN DI SUKABUMI BERTAMBAH MENJADI 54 ORANG   VAKSIN YANG TIBA DI BANDARA SOEKARNO-HATTA HARI INI BERJUMLAH 10 JUTA DOSIS VAKSIN SINOVAC ASAL TIONGKOK   SIANG INI, INDONESIA KEMBALI KEDATANGAN VAKSIN COVID-19 TAHAP KELIMA MELALUI BANDARA SOEKARNO-HATTA   PEMKOT TANGERANG SELATAN SEDIAKAN 700 DOSIS VAKSIN BAGI PESERTA YANG SUDAH TERDAFTAR DI AULA BALAI KOTA   HARI INI MERUPAKAN HARI PERTAMA PEMKOT TANGERANG SELATAN, BANTEN, LAKUKAN VAKSINASI TAHAP KEDUA    IZINKAN SISWA BELAJAR TATAP MUKA DI TENGAH PANDEMI, WALI KOTA MOJOKERTO BATASI JUMLAH SISWA MAKSIMAL 50 PERSEN   LEBIH DARI 20.000 SISWA SD DAN SMP DI PEMKOT MOJOKERTO SUDAH DIIZINKAN BELAJAR TATAP MUKA DI TENGAH PANDEMI COVID-19   800 PETAK MAKAM DI LAHAN TAMBAHAN YANG DIBUKA DI TPU BAMBU APUS, CIPAYUNG, JAKTIM, SUDAH HABIS TERPAKAI   SETAHUN PANDEMI, PEMKOT MALANG SECARA TOTAL TELAH MEMAKAMKAN 1.063 JENAZAH PASIEN COVID-19   SETAHUN DILANDA PANDEMI, SUDAH 36.325 ORANG RAKYAT INDONESIA MENINGGAL DUNIA AKIBAT COVID-19   HARI INI, TEPAT SATU TAHUN PEMERINTAH UMUMKAN KASUS PERTAMA COVID-19 DI INDONESIA   TIM DENSUS 88 ANTITEROR POLRI KEMBALI MENANGKAP SEORANG TERDUGA TERORIS DI SURABAYA, JATIM