Kompas TV nasional sapa indonesia

Pulau Komodo Dinilai Terancam oleh Proyek Pemerintah, WALHI: Pembangunannya akan Ganggu Ekosistem

Senin, 26 Oktober 2020 | 23:56 WIB

KOMPAS.TV - Ini adalah foto-foto dari rencana pengembangan kawasan strategis Pariwisata Nasional, Labuan Bajo, termasuk Pulau Rinca, di  Nusa Tenggara Timur.

Nantinya di kawasan ini akan dibangun Geopark di Taman Nasional Komodo, yang disebut-sebut serupa dengan Jurassic Park.  

Kementerian PUPR telah menganggarkan 69,96 miliar untuk menata kawasan Pulau Rinca.

Selain itu, Kementerian PUPR menggandeng Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk melindungi Taman Nasional Komodo.

Presiden Jokowi menyebut, pembenahan itu dilakukan untuk menjaga agar satwa khususnya komodo tak terganggu.

Pemerintah menyiapkan desain besar untuk membatasi kawasan konservasi dan pariwisata di Pulau Komodo.

Namun pengembangan  di kawasan ini ditentang Walhi dan Forum Masyarakat Peduli dan Penyelamat Pariwisata, Manggarai Barat.

Direktur Walhi NTT Umbu Wulang Tanaamahu Paranggi menilai, pembangunan di Pulau Komodo akan berdampak serius terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar.

Pemerintah harus belajar dari pengalaman kawasan pariwisata yang dikembangkan dengan basis investor akan ada banyak konflik kepentingan yang muncul. 

Kekhawatiran itu terbukti setelah beredar foto di dunia maya yang menunjukkan seekor komodo melintas di depan sebuah truk proyek di taman nasional komodo.
Foto itu diunggah akun instagram @gregorius afiamo.

Pasca viralnya foto ini, balai Taman Nasional Komodo menutup sementara kawasan atau Pulau Rinca.

Taman Nasional  Komodo sudah diakui dunia.   Badan PBB UNESCO  sudah menetapkannya sebagai situs warisan dunia sejak tahun 1991.
 

Penulis : Anjani Nur Permatasari



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Harga lobster anjlok akibat pandemi

Senin, 30 November 2020 | 21:04 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
21:12
AKTIVITAS GUNUNG SEMERU MENINGKAT, BANDARA ABDULRACHMAN SALEH DI MALANH, JATIM, TETAP BEROPERASI NORMAL   BMKG: DALAM EMPAT HARI TERAKHIR KABUPATEN PARIGI MOUTONG, SULTENG, DAN SEKITARNYA DIGUNCANG 25 KALI GEMPA   KPK TELAH LIMPAHKAN PENYIDIKAN KASUS DUGAAN KORUPSI DAN GRATIFIKASI MANTAN BUPATI BOGOR RACHMAT YASIN KE JAKSA   PENGAMAT KEBIJAKAN PUBLIK RAHADIANSYAH MINTA PEMDA FOKUS PENEGAKAN PROTOKOL KESEHATAN SAAT LIBUR NATAL & TAHUN BARU   WAPRES MA'RUF AMIN BERHARAP FORUM ZAKAT DUNIA DAPAT MEMBANTU PEMULIHAN EKONOMI DUNIA PASCA PANDEMI COVID-19   ANTISIPASI KASUS COVID-19 NAIK, WALI KOTA BEKASI TAMBAH TEMPAT TIDUR DI RUANG ISOLASI DI STADION PATRIOT CANDRABHAGA   POLISI PERIKSA RT HINGGA CAMAT TANAH ABANG TERKAIT ACARA PIMPINAN FPI RIZIEQ SHIHAB YANG MENIMBULKAN KERUMUNAN   PERLUDEM MEMINTA PEMERINTAH PERKUAT KOORDINASI MITIGASI POTENSI PENULARAN COVID-19 SAAT PILKADA SERENTAK 2020   PEMKOT SOLO TUTUP SEMENTARA PASAR GEDE SISI TIMUR SELAMA SEPEKAN SETELAH 11 PEDAGANG DINYATAKAN POSITIF COVID-19   KADINKES DKI WIDYASTUTI SEBUT WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA POSITIF COVID-19 MESKI TIDAK BERGEJALA ATAU OTG   PRESIDEN JOKOWI MEMINTA KAPOLRI USUT TUNTAS JARINGAN PELAKU TEROR DI KABUPATEN SIGI HINGGA KE AKARNYA   PRESIDEN JOKOWI MENGUTUK KERAS SEGALA BENTUK TINDAK TEROR & DI LUAR BATAS KEMANUSIAAN DI KABUPATEN SIGI   PEMERINTAH MENJAMIN KEAMANAN WARGA PASCAPERISTIWA PEMBUNUHAN DI KABUPATEN SIGI   MARSEKAL HADI TJAHJANTO SIAPKAN PASUKAN KHUSUS TNI UNTUK BURU PELAKU PEMBUNUHAN DI KABUPATEN SIGI, SULTENG