Kompas TV nasional sapa indonesia

Gaduh Tudingan Menteri Cari Pamor, Relawan Joko Mania Sindir Kinerja Menteri 'P'

Senin, 26 Oktober 2020 | 22:40 WIB

KOMPAS.TV - 1 tahun lalu, Presiden Jokowi memamerkan para menteri kabinet, di periode kedua pemerintahannya dengan cara tak biasa.

Pada momen ini, Presiden Jokowi langsung memberi peringatan soal visi-misi tunggal untuk pemerintahannya 5 tahun ke depan.

Saat itu, Jokowi tegas menyebut tak ada visi - misi menteri, yang ada hanya visi dan misi presiden.

Presiden Jokowi, kembali mengulang peringatan yang salam pada para menterinya saat sidang perdana Kabinet Indonesia Maju. Tak hanya itu, Presiden Jokowi menyatakan kerja kabinet adalah kerja tim. Para menteri diminta presiden menghilangkan egonya.

Tahun pertama di periode kedua, mulai berhembus kritik kinerja Menteri Jokowi yang terlontar dari partai menaungi Jokowi.

Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, menyindir totalitas menteri, terkait pencitraan untuk Pilpres 2024, meski tidak disebut siapa menteri yang dimaksud.  

Sentilan atas kinerja menteri Jokowi, juga datang dari kelompok relawan Jokowi yang menyebut ada menteri berinisial "P" yang kinerjanya dinilai tidak memuaskan dan justru dinilai sibuk berbisnis dan berpolitik.

Terkait tudingan relawan Jokowi Mania, Partai Gerindra pun angkat bicara membela prabowo subianto.

Presiden Jokowi, pernah melontarkan ancaman perombakan kabinet, namun hingga kini tak terjadi.

Kala itu, Presiden geram karena kinerja kabinet yang dinilainya 'biasa-biasa saja'.

Lantas, bagaimana dengan tantangan tahun kedua pemerintahan Jokowi-Maruf? Masihkah para Menteri Kabinet Indonesia Maju setia dengan visi misi tunggal yaitu visi misi presiden, bukan visi misi menteri? 

Simak dialog selengkapnya bersama Ketua Umum Kelompok Relawan Jokowi Mania, Immanuel Ebenezer, Sekjen PPP, Arsul Sani dan Ketua DPP Partai Gerindra Vasco Ruseimy.
 

Penulis : Anjani Nur Permatasari




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:54
DINAS LINGKUNGAN HIDUP DKI: UJI EMISI SEPEDA MOTOR SECARA MASIF MASIH DALAM TAHAP PERSIAPAN    KETUA KOMISI D DPRD DKI IDA MAHMUDAH DUKUNG RENCANA PEMPROV GUNAKAN RTH SEBAGAI TEMPAT PENAMPUNGAN AIR SAAT BANJIR   MENPAN RB: PEMERINTAH BERENCANA BUKA PENERIMAAN ASN DAN GURU DENGAN SKEMA PPPK   MENPAN RB: PEMERINTAH BERENCANA BUKA PENERIMAAN ASN DAN GURU DENGAN SKEMA PPPK   TEKAN PENYEBARAN COVID-19, WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN MINTA PEMERINTAH PERKETAT MOBILITAS MASYARAKAT   WAPRES MA'RUF AMIN: PEMERINTAH INGIN AKUISISI TALENTA TERBAIK BANGSA MELALUI SELEKSI CALON ASN 2021   WAPRES MA'RUF AMIN INGATKAN PANDEMI COVID-19 JADI PELAJARAN PENTING UNTUK PENATAAN BIROKRASI DI TANAH AIR   WAPRES MINTA SELURUH KEMENTERIAN/LEMBAGA DAN PEMDA SELESAIKAN REFORMASI BIROKRASI SEBELUM AKHIR JUNI 2021   PRESIDEN JOKOWI NILAI INDONESIA PERLU LEBIH BANYAK UMKM YANG MENJADI EKSPORTIR   PRESIDEN JOKOWI: RISET DAN INOVASI YANG DIHASILKAN OLEH PERGURUAN TINGGI HARUS BISA BERMANFAAT UNTUK MASYARAKAT   KPU SEBUT SUDAH KLARIFIKASI KEWARGANEGARAAN BUPATI TERPILIH SABU RAIJUA KE DISDUKCAPIL KOTA KUPANG   KETUA KOMISI II DPR AHMAD DOLI KURNIA NILAI RUU PEMILU DIPERLUKAN UNTUK SEMPURNAKAN SISTEM POLITIK & DEMOKRASI RI   KOMNAS PEREMPUAN NILAI PERUSAHAAN SEHARUSNYA JAMIN PEGAWAI YANG ALAMI KEKERASAN SEKSUAL TETAP BEKERJA   JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO PASTIKAN VAKSIN COVID-19 MASIH EFEKTIF LAWAN MUTASI VIRUS KORONA B117 ASAL INGGRIS