Kompas TV regional peristiwa

Gempa Pangandaran Tak Berpotensi Tsunami, BMKG: Bukan di Zona ''Megathrust''

Minggu, 25 Oktober 2020 | 18:50 WIB

PANGANDARAN, KOMPAS.TV - Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono menyebut jika gempa yang terjadi di Pangandaran, Jawa Barat, tak berpotensi tsunami.

Rahmat mengatakan gempa berkekuatan 5,6 magnitudo yang mengguncang wilayah barat daya pantai Pangandaran pada Minggu (25/10/2020) pagi memiliki kedalaman hiposentrum 60 kilometer, yang masuk dalam kedalaman menengah.

"Ini bukan di zona megathrust. Jadi semakin menyusup ke bawah di Pulau Jawa, semakin utara itu kedalamannya semakin dalam. Dengan kedalaman ini 60 kilometer apalagi dengan 5,6 magnitudo ini, kami tidak merilis potensi tsunami," jelasnya kepada KompasTV, Minggu (25/10/2020).

Baca Juga: Video Amatir Guncangan Gempa Pangandaran yang Terasa Hingga Jateng

Dari hasil analisis, Rahmat juga mengatakan tak ada gempa susulan yang terjadi.

"Ya kita berharap tidak mentrigger zona di daerah yang lain," pungkasnya.

Sebelumnya berdasarkan info dari BMKG, gempa terjadi di 90 kilometer barat daya Kabupaten Pangandara, Jawa Barat, di kedalaman 10 kilometer pada pukul 7.56 WIB.

Untuk lebih jelas mengenai analisis gempa di Pangandaran, simak dialog bersama Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono.

Penulis : Reny Mardika



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:30
PRESIDEN TERPILIH AS JOE BIDEN MENDAPAT IZIN PEMERINTAHAN TRUMP UNTUK MEMULAI TRANSISI KEKUASAAN DI GEDUNG PUTIH   DINKES: SEBANYAK 33 ORANG MENINGGAL DUNIA DI PROVINSI RIAU AKIBAT DBD   LEGENDA SEPAK BOLA DUNIA DIEGO MARADONA MENINGGAL DUNIA DI USIA 60 TAHUN AKIBAT SERANGAN JANTUNG   INOVASI LAYANAN PUBLIK KEMENTAN RAIH PENGHARGAAN SEBAGAI TOP 45 INOVASI PELAYANAN PUBLIK 2020 DARI KEMENPAN-RB   KEMENTAN MENDAPAT PENGANUGERAHAN BADAN PUBLIK PALING INFORMATIF DARI KOMISI INFORMASI PUSAT   KPU GOWA, SULAWESI SELATAN, TEMUKAN 7.000 LEBIH KERTAS SURAT SUARA PILKADA 2020 MENGALAMI KERUSAKAN   KPU BANGLI, BALI, TEMUKAN RIBUAN SURAT SUARA PILKADA 2020 RUSAK KARENA SOBEK, CETAKAN PUDAR, DAN TERKENA NODA TINTA   PROVINSI JAWA TENGAH SIAPKAN 2.708 TENAGA VAKSINATOR KORONA   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 1.988: 1.392 SEMBUH, 158 MENINGGAL DUNIA, DAN 438 DALAM PERAWATAN   POSITIF TERINFEKSI KORONA, BUPATI SITUBONDO DADANG WIGIARTO DIRAWAT DI RUANG ISOLASI RSUD ABDOER RAHEM   MENTERI AGAMA FACHRUL RAZI MINTA IBADAH NATAL TAHUN INI DISESUAIKAN DENGAN PROTOKOL KESEHATAN PENCEGAHAN COVID-19   GUBERNUR BANTEN WAHIDIN HALIM AKAN BUKA KEMBALI SEKOLAH UNTUK PEMBELAJARAN TATAP MUKA PADA JANUARI 2021   MK TEGASKAN ANGGOTA LEGISLATIF WAJIB MUNDUR DARI JABATANNYA JIKA DITETAPKAN SEBAGAI CALON KEPALA DAERAH   KOMINFO TEMUKAN 38 INFORMASI HOAKS SOAL PILKADA SERENTAK 2020