Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Kisah Samsung (2), Ganti Semuanya Kecuali Istri Kalian!

Minggu, 25 Oktober 2020 | 16:35 WIB
kisah-samsung-2-ganti-semuanya-kecuali-istri-kalian
Ilustrasi: pabrik Samsung. (Sumber: Samsung)

JAKARTA, KOMPASTV. Berkat tangan dingin Lee Kun-Hee (Lee), Samsung moncer. Berpredikat pewaris konglomerasi berpengaruh di Korea Selatan, tak lantas membuat Lee santai karena puas bergelimang harta, tahta dan jabatan. Haus dan lapar ambisi, seketika ia menyewa seorang penasihat Jepang, Shigeo Fukuda, untuk memeriksa manajemen Samsung.

Hasil penyelidikan pada cara kerja manajemen sangat mencengangkan. Samsung dinilai memiliki birokrasi kaku, ketinggalan zaman, tak dan punya peta rencana. 7 Juni 1993, Lee mengumpulkan 100 eksekutif paling atas Samsung di sebuah penginapan berburu di Jerman.

Bukan untuk bersantai, raja-raja kecil Samsung itu dipaksa menonton film dokumenter berdurasi 30 menit, tentang praktik buruk di pabrik mesin cuci Samsung.

"Samsung adalah perusahaan kelas dua," kata Lee, dikutip dari Bloomberg. Posisi lapis kedua baginya sangat buruk, karena seharusnya Samsung adalah perusahaan papan atas nomor wahid dunia. 

"Ubah segalanya, ganti semuanya, kecuali anak dan istri kalian," tegas Lee pada menajemen Samsung

Setahun kemudian, ia memerintahkan para eksekutifnya untuk menarik kembali produk telepon cacat produksi yang berada di tangan kosumen (recall). Seperti kondisi Jerman, top eksekutif Samsung dikumpulkan mengelilingi api unggun. Di bara api unggun itulah, telepon gagal produksi itu dibakar.

Buah manis dalam genggaman, tahun 2006, Samsung melampaui Sony korporasi asal Jepang, di peringkat pertama pasar televisi global. Lima tahun kemudian, Samsung mengsik Apple sebagai pembuat smartphone terbesar di dunia.

Penulis : Dyah Megasari

1
2



BERITA LAINNYA


KOMPAS BISNIS

Ambisi BP di Bisnis SPBU Indonesia

Rabu, 25 November 2020 | 15:01 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
15:21
DALAM PENGAMANAN NATAL & TAHUN BARU, POLRI AKAN GELAR OPERASI LILIN MULAI 23 DESEMBER 2020 HINGGA 4 JANUARI 2021   POLRI KERAHKAN 191.584 PERSONEL UNTUK AMANKAN NATAL & TAHUN BARU 2021   WAPRES MA’ARUF AMIN INGATKAN PELAKU INDUSTRI "FINTECH" PERKUAT KEAMANAN PELAYANAN BAGI MASYARAKAT   WAPRES MA'RUF AMIN: PERKEMBANGAN INDUSTRI TEKNOLOGI FINANSIAL ATAU “FINTECH” DI INDONESIA BERKEMBANG SANGAT PESAT   PRESIDEN JOKOWI INGATKAN PARA MENTERI UNTUK TETAP BERHATI-HATI DALAM MENGGUNAKAN APBN 2021   PRESIDEN JOKOWI: APBN 2021 MASIH DIFOKUSKAN UNTUK PENANGANAN COVID-19, BAIK DI SEKTOR KESEHATAN MAUPUN EKONOMI    PRESIDEN JOKOWI MINTA MENSOS SEGERA MENYALURKAN BANTUAN SOSIAL UNTUK MASYARAKAT PADA AWAL JANUARI 2020   PENYIDIK KPK SITA SEJUMLAH BARANG DAN KARTU DEBIT DALAM PENANGKAPAN MENTERI KP EDHY PRABOWO   DPP GERINDRA DKI MENYATAKAN AKAN JELASKAN SOAL PENANGKAPAN MENTERI EDHY PRABOWO OLEH KPK   SEKJEN KKP ANTAM NOVAMBAR SEBUT PIHAKNYA HARGAI PROSES HUKUM KPK TERKAIT PENANGKAPAN MENTERI EDHY PRABOWO    DARI 17 ORANG YANG DITANGKAP TERDIRI DARI MENTERI EDHY PRABOWO & ISTRI, PEJABAT KKP, SERTA SEJUMLAH PIHAK SWASTA   HINGGA SAAT INI, KPK MENANGKAP 17 ORANG DALAM RANGKAIAN OPERASI TANGKAP TANGAN MENTERI KP EDHY PRABOWO    KETUA HARIAN DPP GERINDRA SUFMI DASCO AHMAD MASIH TUNGGU INFORMASI VALID KPK SOAL PENANGKAPAN MENTERI EDHY PRABOWO   WAKIL KETUA KOMISI IV DPR DEDI MULYADI MENGAKU PRIHATIN DENGAN PENANGKAPAN MENTERI EDHY PRABOWO OLEH KPK