Kompas TV regional berita daerah

Bos Samsung Meninggal pada Usia 78 Tahun, Begini Kiprahnya di Dunia

Kompas.tv - 25 Oktober 2020, 12:05 WIB
bos-samsung-meninggal-pada-usia-78-tahun-begini-kiprahnya-di-dunia
Ilustrasi: pabrik Samsung. (Sumber: Samsung)
Penulis : Switzy Sabandar

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Bos Samsung sekaligus salah satu pendiri Samsung Electronics, Lee Kun-hee meninggal dunia pada usia 78 tahun di Seoul, Korea Selatan, Minggu (25/10/2020). Samsung menyebutkan keluarga menemani Lee di saat terakhir.

Meskipun demikian, penyebab kematian bos Samsung itu tidak diungkap. Lee sempat menjalani operasi setelah terkena serangan jantung pada 2014. Ia juga sempat dirawat intesif karena kanker paru-paru pada 1990.

Baca Juga: Samsung Rilis Galaxy M01 Core dengan Android Go, Harganya Rp1 Jutaan

Seperti yang dikutip dari Kompas.com, Lee Kun-hee mengambil alih Samsung Group setelah ayahnya, Lee Byung-chul meninggal dunia pada 1987 Semenjak kesehatan Lee bermasalah pada 2014, putranya, Lee Jae-yong yang menjabat sebagai vice chairman, praktis telah menjalankan peran sebagai pemimpin de facto perusahaan.

Bloomberg Billionaires Index memperkirakan bahwa Lee memiliki total kekayaan mencapai 20,7 miliar Dollar AS atau sekitar Rp 303 triliun. Di tahun 2005, Lee juga dinobatkan sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Time.

Selama ini, Lee dikenal sebagai bos Samsung yang mampu memping perusahaan itu sehingga bisa bertransformasi menjadi raksasa elektronik serta pabarikan smartphone, televisi, dan chip memori terbesar di dunia.

Baca Juga: Samsung Galaxy M21 Usung Baterai Jumbo, Harga Rp 3 Jutaan

Sebelum meninggal Lee sempat memberi nasihat untuk karyawannya supaya berinovasi sehingga mampu bersaing di industri teknologi. Bos Samsung ini mampu menjadikannya sebagai visioner sejati yang mengubah Samsung.

“Warisannya akan abdi,” ujar Samsung dalam sebuah pernyataan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x