Kompas TV internasional kompas dunia

Siswa Kurang Mampu di Korsel Kesulitan Belajar Daring

Kompas.tv - 22 Oktober 2020, 17:08 WIB
Penulis : Aleksandra Nugroho

KOREA SELATAN, KOMPAS.TV - Korea Selatan baru memulai tahun ajaran baru mereka pada April lalu, dengan sistem pembelajaran jarak jauh,

Namun sekolah daring, ternyata menjadi masalah bagi para siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu.

Tahun ajaran baru di Korea Selatan, semestinya dimulai pada bulan Maret. Namun, pandemi covid-19, membuatnya tertunda dan dimulai kembali pada bulan April. Itu pun sepenuhnya dengan sistem pembelajaran jarak jauh.

Namun sekolah daring ternyata memunculkan sejumlah masalah. Banyak siswa yang mengaku kesulitan berkonsetrasi, merasa tidak nyaman, dan berdampak pada nilai yang jelek.

Korea Selatan adalah salah satu negara paling terkoneksi dengan internet di dunia.

amun pembelajaran "online" tetap saja menghambat banyak siswa. Kondisi ini dikhawatirkan memengaruhi kualitas pendidikan, mengingat orang-orang di Korea Selatan memandang pendidikan sebagai kunci kesuksesan.

Menurut para ahli, berkurangnya interaksi antara siswa dan guru, serta gangguan teknis selama belajar "online", akan memperlebar kesenjangan pencapaian pendidikan antar siswa.

Siswa berprestasi yang berasal dari keluarga kelas menengah dan atas, biasanya bisa belajar secara mandiri. Keluarga juga menyewakan tutor, sehingga siswa bisa menuntaskan materi belajarnya.

Namun siswa dari keluarga yang tidak mampu, tidak bisa melakukan itu semua.

Sebuah survei pemerintah korea selatan terhadap puluhan ribu orangtua dan guru tahun lalu, menemukan bahwa 75 persen siswa terlibat dalam pendidikan privat, seperti menyewa tutor atau mengikuti bimbingan belajar. Kebutuhan tambahan ini bisa menghabiskan biaya rata-rata 367 dollar Amerika Serikat, atau lebih dari 5 juta 3 ratus ribu rupiah per bulan.

Hasil survei juga menemukan, keluarga berpenghasilan tinggi, bisa mengeluarkan biaya pendidikan privat, lima kali lebih besar dari keluarga yang berpenghasilan rendah.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.