Kompas TV internasional kompas dunia

Seekor Jaguar Yang Selamat Dari Kebakaran Brasil dikembalikan Ke Habitatnya

Kompas.tv - 22 Oktober 2020, 11:23 WIB
seekor-jaguar-yang-selamat-dari-kebakaran-brasil-dikembalikan-ke-habitatnya
Ousado, seekor jaguar berusia lima tahun yang berhasil diselamatkan dari kebakaran sedang bermain bersama seorang anggota tim medis yang merawatnya. (Sumber: Reuters)
Penulis : Agung Pribadi

Brazil, Kompas TV - Seekor jaguar dengan luka bakar yang cukup parah dalam sebuah kebakaran di lahan basah Pantanal Brasil tahun ini, berhasil dikembalikan ke alam liar

Setelah lebih dari sebulan menjalani perawatan intensif melalui perawatan dengan ozon dan terapi laser oleh anggota tim dokter yang merawat kaki jaguar untuk luka bakarnya

Seperti dilansir dari AFP, Pembebasan jaguar betina ke alam liar ini pada hari Selasa lalu dilakukan di tempat yang sama di mana dia diselamatkan, yakni di sepanjang sungai di cagar alam Encontro das Aguas di Brazil barat tengah.

Ousado, nama yang dalam bahasa Portugis berarti "berani", diberikan kepada jaguar berusia lima tahun itu.

Nex Institute, organisasi perlindungan satwa liar yang merawatnya, membuat sebuah video pelepasan.

Dalam rekaman itu ditunjukkan seorang pawang menarik tali untuk membuka pintu peti tempat hewan itu diletakan dari jarak aman di sebuah perahu di sungai.

Mula-mula Ousado sedikit ragu meninggalkan peti itu, ia memeriksa sekelilingnya, lalu berlari cepat ke arah hutan, tim dokter hewan pun bertepuk tangan dengan senang.

Jorge Salomao, salah seorang anggota tim dokter hewan mengatakan,  "Ketika kami menemukannya, dia sangat kesakitan. Dia tidak bisa berjalan dengan baik. Hari ini, dia kembali normal. Dia berlari ke atas bank. Kami sangat senang dengan hasilnya,"

Diperkirakan sekitar 23 persen dari Pantanal Brasil telah menjadi asap karena kebakaran tahun ini, di tengah kekeringan terburuk di kawasan itu dalam hampir setengah abad.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x