Kompas TV internasional kompas dunia

Minyak Zaitun Terbaik Dunia dari Wilayah Istria Kroasia

Kompas.tv - 22 Oktober 2020, 07:44 WIB
minyak-zaitun-terbaik-dunia-dari-wilayah-istria-kroasia
Minyak zaitun banyak memiliki manfaat, selain gastronomi makanan dan budaya mintak zaitun juga merupakan bahan dasar industri kecantikan (Sumber: Rf._.Studio)
Penulis : Agung Pribadi

Bale, Kompas TV - Minyak zaitun dalam penggunaannya memiliki berbagai manfaat, diantaranya adalah pengganti minyak goreng dari kelapa sawit yang bebas kolesterol, dan juga sebagai bahan dasar industri kecantikan seperti pembuatan lotion, cream dan sabun.

Minyak inipun hanya dapat tumbuh di beberapa tempat saja, seperti kawasan Timur Tengah, Mediterrania dan Portugal.

Di Kroasia, negara yang berbagi perbatasan Laut Adriatik dengan timur Italia, di semenanjung Istrian, kini telah menjadi salah satu produsen minyak zaitun terbaik di dunia.

Hanya dalam waktu 15 tahun saja, Istria memenangkan penghargaan wilayah terbaik di dunia menurut panduan Flos Olei, untuk minyak zaitun extra virgin selama 6 tahun berturut-turut.

Denis Ivosevic dari Dewan Pariwisata Istrian seperti dikutip dari Reuters mengatakan,

“Sekitar 15 tahun yang lalu praktis tidak ada produsen minyak zaitun kemasan di Istria dan tidak ada verifikasi ahli tentang kualitasnya. Sekarang Istria telah menjadi daerah tempat para tamu datang, juga karena mereka tahu minyak zaitun jenis apa yang bisa mereka beli.”

Pemilik pabrik minyak zaitun di kota Bale, Manuel Grubic mengatakan kualitas minyak didasarkan pada hasil kerja produsen di tingkat keluarga kecil.

“Panen zaitun dilakukan secara manual, langsung diproses dan kuantitas yang dihasilkan relatif kecil.”

Miroslav Pliso, seorang pengacara yang memulai bisnis minyak zaitun kecilnya sekitar 20 tahun lalu, mengatakan bahwa fokus pada kualitas produksi dan penghargaan industri telah menempatkan Istria di peta dengan turis yang mencari gastronomi budaya dan makanan lokal yang baik.

Pliso mengatakan bahwa output yang dihasilkannya selama setahun sekitar 2.000 liter.

“Harga minyak kami cukup tinggi dibandingkan dengan harga rata-rata minyak kualitas bagus yang harganya sekitar 100-120 kuna (250.000 rupiah) per liter.

Kami membotolkan minyak zaitun sebanyak 0,25 liter dan harga per liternya sekitar 600 kuna, ”ujarnya.

(1 kuna = 2.293 rupiah)



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x