Kompas TV nasional aiman

Orkestrasi Di Balik Rusuh Demo Tolak UU Cipta Kerja - AIMAN (Bag 5)

Selasa, 20 Oktober 2020 | 01:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja oleh DPR pada 5 Oktober lalu, direspons dengan unjuk rasa masif di sejumlah daerah di Indonesia. Hal ini dipicu adanya penolakan terhadap beberapa pasal di UU Cipta Kerja yang telah disahkan. Salah satunya terkait uang pesangon dan penghapusan pasal mengenai perjanjian kerja waktu tertentu. 

Hal ini lantas menimbulkan pro dan kontra, termasuk di dalamnya gelombang unjuk rasa di berbagai daerah yang berakhir ricuh. Mirisnya, ada pola yang berulang. Adanya pendemo yang masih berusia pelajar dan ditemukannya massa pendemo bayaran. Serta adanya ambulans yang diduga membawa pasokan amunisi berupa batu untuk membuat keonaran saat unjuk rasa berlangsung. 

Benarkah ada orkestrasi saat demonstrasi berlangsung? Siapakah dalang di balik aksi ini? 

Jurnalis KompasTV Aiman Witjaksono menelusuri sisa aksi demonstrasi di Halte Bus Transjakarta Bunderan HI, Jakarta Pusat. Aiman juga mencari tahu adakah benang merah terkait pola berulang dalam aksi unjuk rasa yang berakhir ricuh dan akankah pola ini akan terjadi kembali di masa mendatang?  

Penulis : Yudho Priambodo



BERITA LAINNYA


KOMPAS SPORT

Persija Peringati Ulang Tahun ke-92

Minggu, 29 November 2020 | 06:00 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
06:15
GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN TARGETKAN STADION PERSIJA RAMPUNG PADA 2021   PEMKOT MALANG AKAN REVITALISASI TIGA PASAR RAKYAT PADA 2021   KEMENDIKBUD: PENDIDIKAN ANAK USIA DINI UNTUK KESIAPAN KEHIDUPAN ANAK YANG LEBIH BAIK   MENDIKBUD NADIEM MAKARIM: SEKOLAH TATAP MUKA HARUS SEIZIN PERWAKILAN ORANGTUA   PEMKAB MANGGARAI BARAT, NTT, AJUKAN BANTUAN BAGI 1.000 KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) KE KEMENSOS UNTUK 2021   SATGAS COVID-19 DENPASAR LIBATKAN TNI-POLRI CEGAH KERUMUNAN DI PILKADA 2020   SATGAS COVID-19 TAK IZINKAN JAZZ GUNUNG DIGELAR MESKI BROMO ZONA HIJAU   SATGAS COVID-19 MINTA MASYARAKAT TETAP WASPADA JELANG LIBUR PANJANG AKHIR TAHUN   JUBIR SATGAS COVID-19 WIKU ADISASMITO PASTIKAN PERSIAPAN VAKSIN UNTUK PENANGANAN KORONA BERJALAN BAIK   MENRISTEK BAMBANG BRODJONEGORO DORONG PENGUATAN EKOSISTEM RISET DAN INOVASI NASIONAL   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN SEBUT UU CIPTA KERJA PERMUDAH USAHA PENGOLAHAN IKAN   KEMENPERIN MINTA SDM INDUSTRI ADAPTIF DI TENGAH DISRUPSI TEKNOLOGI   KEMENPERIN SIAPKAN STRATEGI BANGUN SDM INDUSTRI YANG KOMPETEN UNTUK TINGKATKAN DAYA SAING   MENDESA PDTT: DANA DESA BOLEH DIGUNAKAN APA SAJA SELAMA TIDAK BERTENTANGAN DENGAN UU YANG BERLAKU