Kompas TV internasional kompas dunia

Temui Jokowi, PM Suga Terbang ke Jakarta Bahas Kerjasama Infrastruktur dan Pertahanan Keamanan

Kompas.tv - 19 Oktober 2020, 21:50 WIB
temui-jokowi-pm-suga-terbang-ke-jakarta-bahas-kerjasama-infrastruktur-dan-pertahanan-keamanan
Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga. (Sumber: Charly Triballeau/Pool Photo via AP Photo/Kompas.com)
Penulis : Zaki Amrullah

TOKYO,KOMPAS.TV- Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide  Suga, dijadwalkan akan terbang dari Hanoi Vietnam Ke Jakarta pada Selasa (20/10) untuk melakukan pembicaraan bilateral  dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Agenda pembicaraan kedua pemimpin, diantaranya   menyangkut  kerja sama pembangunan infrastruktur seperti rel kereta api dan pelabuhan.  Sebelum bertolak ke Jakarta, PM  Suga terlebih dahulu menggelar  pertemuan dengan Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc, Senin (19/10).

Seperti dikutip dari Kyodo News, Suga kepada wartawan sebelum meninggalkan bandara Haneda Tokyo menuju Hanoi Minggu (18/10) mengatakan, kunjungan ini diharapkan dapat mendorong upaya untuk mencapai "Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka" serta membahas kerja sama ekonomi di tengah krisis Covid-19.

"Saya ingin menunjukkan tekad untuk berkontribusi pada perdamaian dan kemakmuran di kawasan menuju mewujudkan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," kata Suga yang berangkat dengan didampingi sang istri, Mariko Suga.

Dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi, PM Suga  juga akan menegaskan rencana untuk mengadakan apa yang disebut pertemuan "dua-tambah-dua" antara menteri luar negeri dan pertahanan untuk memperkuat kerja sama keamanan.

Duta Besar Indonesia terpilih untuk Jepang,  Heri Akhmadi pada Rabu (14/10) mengatakan, kunjungan Suga ke Indonesia adalah momentum bersama kedua negara dalam menjalin kerjasama erat Indonesia - Jepang.

"Mari kita membangun momentum ini untuk mempererat kerja sama di berbagai sektor di Indonesia dan Jepang", ujar Heri Akhmadi.

Lebih lanjut Heri Akhmadi menambahkan, pandemi Covid-19 telah berdampak kepada perekonomian Jepang. Indonesia perlu melakukan review strategis dan membuka ruang komunikasi untuk peluang yang baru selain perdagangan dan investasi.

Baca Juga: Pererat Kerjasama, PM Jepang Yoshihide Suga Akan Berkunjung ke Indonesia

Menuju Kawasan Indo Pasifik Bebas Terbuka

Menurut pejabat Kementerian Luar Negeri Jepang, dalam pertemuan Yoshihide Suga dengan Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc, Senin (19/10), tercapai kesepakatan dengan Vietnam seputar adanya fasilitas arus lintas batas peralatan medis dan barang-barang lainnya. Hal ini  dikarenakan,  Jepang berupaya mendiversifikasi rantai pasokannya sehubungan dengan pandemi.

Selain itu, Jepang dan Vietnam juga melakukan kerjasama militer yang memungkinkan Jepang  mengekspor peralatan dan teknologi pertahanan ke Vietnam. Termasuk pesawat patroli dan radar yang akan membantu meningkatkan kemampuan pengawasan di kawasan.

Kunjungan Suga ke Vietnam dan Indonesia, juga  dilakukan  karena adanya peningkatan kekuatan maritim China. Hal ini mendorong Jepang untuk mencari dukungan dari negara-negara di Asia Tenggara. 

Seperti diketahui, Vietnam adalah salah satu penggugat dalam sengketa teritorial di Laut Cina Selatan, sedangkan zona ekonomi eksklusif Indonesia tumpang tindih dengan sembilan garis putus-putus Cina.

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga  bepergian dengan rombongan yang lebih kecil dari biasanya untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona.

Para rombongan menjalani tes reaksi berantai polimerase sebelum berangkat dan setelah kembali ke Jepang pada Rabu malam. Meski demikian, Suga dan beberapa anggota kelompoknya akan dibebaskan dari tes selama perjalanan, kata para pejabat. (Andy Lala)



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x