Kompas TV nasional sapa indonesia

Intip Kesiapan Jakarta Hadapi Banjir

Minggu, 18 Oktober 2020 | 10:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemrpov DKI sudah merencanakan beberapa cara kemungkinan menyelamatkan Jakarta dari banjir.

Pertama program Gerebek Lumpur, program ini mengeruk lumpur di sungai ataupun lumpur di selokan air.

Kedua penambahan pompa-pompa, dan yang ketiga adalah menggerakan masyarakat dalam konteks siap, tanggap dan melakukan gerakan bersama.

Hujan deras yang terjadi di sebagian wilayah Indonesia beberapa pekan terakhir telah mengakibatkan sejumlah bencana, seperti banjir dan longsor. 

Di Ibukota Jakarta, banjir dengan ketinggian bervariasi menggenangi sejumlah titik pada Jumat malam lalu, menyusul hujan deras sejak sore. 

Diantaranya, banjir setinggi 70 sentimeter menggenangi ruas Jalan Patra, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, hingga memutus akses jalan.  

Sementara, di Jatinegara, Jakarta Timur, hujan deras disertai angin kencang menumbangkan sebuah pohon dan mengakibatkan sedikitnya delapan rumah warga rusak.

Hasil pemantauan badan meteorologi klimatologi dan geofisika menyebutkan, kenaikan curah hujan akan terjadi sebanyak 40 persen dari kondisi normal, sebagai dampak La Nina.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah bersiaga mengantisipasi kemungkinan terjadinya banjir serta dampaknya. 

Mulai dari pengerukan sungai, hingga pengecekan kelaikan pompa air, hingga berkoordinasi dengan pihak terkait.

Gubernur jakarta anies baswedan dalam apel kesiagaan tanggap bencana banjir beberapa waktu lalu menyatakan tiga kunci penanganan banjir di Jakarta, yaitu siaga, tanggap dan galang.

Puncak La Nina diprediksi akan terjadi pada akhir tahun 2020 hingga awal 2021. 

Segala antisipasi dan persiapan yang dilakukan diharapkan dapat mengurangi dampak banjir dan bencana lainnya.
 

Editor : Merlion Gusti



BERITA LAINNYA


Peristiwa

Tabrak Pohon, Truk Terguling ke Sawah

Sabtu, 31 Oktober 2020 | 23:40 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
03:22
SEBANYAK 831 ORANG LUKA-LUKA DAN 28 LAINNYA TEWAS AKIBAT GEMPA BERMAGNITUDO 7 DI TURKI   SEBANYAK 51 ORANG DAN 2 LAINNYA TEWAS AKIBAT LEDAKAN PIPA GAS DI KOTA SAMAWAH, IRAK   PETENIS NOMOR DUA DUNIA, SIMONA HALEP, POSITIF TERINFEKSI KORONA   MANTAN AKTOR JAMES BOND, SEAN CONNERY, MENINGGAL DUNIA PADA USIA 90 TAHUN   PEBALAP LEWIS HAMILTON JADI YANG TERCEPAT PADA SESI LATIHAN BEBAS PERTAMA FORMULA 1 GRAND PRIX EMILIA ROMAGNA   RUSIA JANJI BANTU ARMENIA JIKA PERANG MELAWAN AZERBAIJAN SUDAH MENYENTUH YEREVAN   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD MINTA MASYARAKAT TAK ANARKISTIS TANGGAPI PERNYATAAN PRESIDEN PERANCIS   SLOVAKIA MULAI PENGUJIAN VIRUS KORONA SECARA MASSAL   SATGAS COVID-19 SUKABUMI: 31 WISATAWAN YANG SEDANG BERWISATA REAKTIF DARI HASIL TES CEPAT KORONA   SATGAS COVID-19: 739.722 SDM TENAGA KESEHATAN SUDAH DISIAPKAN UNTUK VAKSINASI KORONA   PEMPROV JABAR TETAPKAN UMP 2021 SAMA SEPERTI UMP 2020 SEBESAR RP 1.810.351   PEMKOT JAKSEL: HINGGA AKHIR OKTOBER 2020, VAKSINASI RABIES MENCAPAI 70% DARI TARGET 6.500 EKOR HEWAN PELIHARAAN   KEMENTERIAN PUPR: CAPAIAN PEMBANGUNAN PROGRAM SEJUTA RUMAH PER 26 OKTOBER 2020 SEBANYAK 532.254 UNIT   BNPB: TERHITUNG DARI 1 JANUARI-31 OKTOBER 2020, ADA 2.402 BENCANA DI INDONESIA