Kompas TV regional berita daerah

Polisi Dan Warga Simulasikan Penanganan Kebakaran Hutan

Kompas.tv - 14 Oktober 2020, 18:48 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

KEDIRI, KOMPAS.TV - Polres Kediri Kota bersama warga menggelar simulasi pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dengan alat seadaanya. Hal itu dilakukan sebagai bentuk antisipasi kebakaran hutan di Lereng Gunung Wilis yang sering terjadi di akhir musim kemarau seperti ini.

Sejumlah warga Desa Ngesong Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri bersama Anggota Kepolisian Resor Kediri Kota ini sedang berupaya memadamkan kebakaran hutan. Warga bersama petugas berusaha memadamkan api dengan daun dan ranting pohon yang ada.

Namun kegiatan tersebut hanyalah simulasi penanganan kebakaran hutan yang di adakan oleh Polres Kediri Kota. Para petani dan warga sekitar diajak untuk peduli terhadap bencana kebakaran yang sering terjadi di Lereng Gunung Wilis.

Tercatat ada lebih dari 100 hektar lahan di Lereng Gunung Wilis yang berpotensi terjadi kebakaran hutan. Hal itulah yang mendorong Polres Kediri Kota untuk memberikan pengetahuan tentang tata cara memadamkan api dengan alat seadanya.

Tidak hanya itu dalam simulasi tersebut, warga diminta tidak membuka lahan dengan cara membakar. Diketahui, selama ini faktor terbesar penyebab terjadinya kebakaran adalah ulah manusia. Maka dari itu kesadaran warga menjadi kunci suksesnya pencegahan kebakaran hutan.

Polres Kediri Kota berharap dengan adanya simulasi tersebut warga tidak panik jika terjadi kebakaran hutan. Tidak hanya itu kebakaran hutan yang sering terjadi akibat ulah manusia diharapkan tidak terjadi lagi pada tahun ini.

#Kediri #Kebakaran #Hutan #Wilis #Beritakediri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x