Kompas TV regional peristiwa

Diserang KKB, Anggota TGPF Intan Jaya Dievakuasi ke Jakarta

Kompas.tv - 10 Oktober 2020, 10:29 WIB
diserang-kkb-anggota-tgpf-intan-jaya-dievakuasi-ke-jakarta
Bambang Purwoko, anggota TGPF yang menjadi korban penembakan oleh KKB di Kabupaten Intan Jaya dievakuasi ke Jakarta. (Sumber: Dok Kemenko Polhukam.)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bambang Purwoko, anggota Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) Kabupaten Intan Jaya yang tertembak setelah melakukan olah TKP lokasi penembakan Pendeta Yeremia Zanambani, dibawa ke Jakarta.

“Pagi ini anggota TGPF dan anggota TNI yang terluka dalam penyerangan kemarin sore telah kami evakuasi ke Jakarta untuk perawatan pengobatan lebih lanjut,” ujar Wakil Ketua TGPF Sugeng Purnomo dalam keterangan tertulisnya dari Jayapura, Sabtu (10/10/2020).

Keduanya dievakuasi dengan helikopter Caracal TNI AU dari Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, ke Timika. Kemudian dilanjutkan ke Jakarta pada pagi ini, pukul 08.22 WIT.

Bambang Purwoko merupakan dosen dan peneliti dari Universitas Gadjah Mada, yang berpengalaman meneliti di Papua dan pernah menjadi ketua Pokja Papua UGM. Bambang mengalami luka tembak di bagian kaki.

Korban lainnya, Sersan Satu TNI Faisal Akbar, merupakan anggota Satgas Apter Hitadipa dari satuan asal Kodim 1304 Gorontalo. Faisal tertembak di bagian pinggang.

Baca Juga: Kronologi Penyerangan KKB Terhadap Rombongan TGPF Penembakan Pendeta Yeremias

Prioritas TGPF Intan Jaya Saat Ini

Setelah insiden penembakan terhadap TGPF Intan Jaya oleh KKB, saat ini prioritas TGPF Intan Jaya adalah evakuasi untuk keselamatan dan perawatan.

Setelah evakuasi berjalan aman dan lancar, TGPF Intan Jaya melakukan evaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.

“Tim sedang mengevaluasi seluruh kegiatan yang berjalan, terutama mempertimbangkan faktor keamanan dan keselamatan," kata Sugeng.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x