Kompas TV regional berita daerah

Rekor Dunia Grand Piano Pertama Buatan Indonesia

Kompas.tv - 8 Oktober 2020, 20:34 WIB
Penulis : KompasTV Surabaya

Mojokerto, KompasTV Jawa Timur - Penghargaan rekor muri ini diberikan kepada PT Saniharto Enggalhardjo yang memproduksi Grand Piano Sjuman-Renanda SR-1928 di pelataran Candi Gapura Bajang Ratu yang berada di Trowulan, kabupaten Mojokerto.

Penghargaan dan pencatatan rekor Muri ini diberikan, karena piano ini merupakan Grand Piano pertama karya anak negeri dan diproduksi di Indonesia. Penyerahan sertifikat muri ini disaksikan CEO Museum Rekor Indonesia, Jaya Suprana secara virtual.

Ide pembuatan Grand Piano ini, berawal dari keprihatinan belum adanya produk Grand Piano produksi dalam negeri. Sementara, banyak seniman Indonesia yang telah mempunyai nama besar di dunia musik klasik dunia. Pembuatan Grand Piano ini memakan waktu sekitar dua tahun. Mulai dari riset piano, pemilihan bahan, hingga uji coba yang dilakukan sejumlah pianis dunia.

“Jadi kita itu yaa mikir, banyaknya musisi Indonesia yang mendunia belum ada sarana untuk pianonya, jadi kami memberanikan diri untuk membuat. Dengan trial dan error berkali-kali.” Ungkap Harsono, Presdir PT. Saniharto Enggalhardjo.

Diantara ciri khas Grand Piano ini adalah menggunakan bahan baku kayu asli Indonesia, dengan serat kayu yang dominan di beberapa bagian.

Selain melakukan pencatatan rekor Muri, Grand Piano Sjuman-Renanda SR1928 ini akan dipakai berkeliling konser di sejumlah situs peninggalan Kerajaan Nusantara.

Karena masih pada masa pandemi Covid-19, konser dengan tajuk Rapsodia Nusantara ini tidak dibuka untuk umum, akan tetapi bisa dinikmati secara virtual di akun media sosial Direktoral Jendral Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

 

#Mojokerto #Jatim #Grand #Piano #Sjuman #Renanda #Music #Classic #Rapsodia #Nusantara

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook : https://www.facebook.com/kompastvjatim

instagram : https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter : https://twitter.com/kompastvjatim 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x