Kompas TV nasional politik

Debat Fraksi Demokrat VS Pimpinan DPR di Sidang Paripurna Pengesahan RUU Cipta Kerja

Kompas.tv - 5 Oktober 2020, 20:56 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perdebatan antara anggota fraksi Demokrat Beny K. Harman dengan pimpinan DPR Aziz Syamsuddin terjadi usai pandangan fraksi hingga akhirnya fraksi Demokrat memilih walk out dari sidang Pengesahan RUU Cipta Kerja, Senin (05/10/2020).

"Pak Beny saya minta anda nanti bisa dikeluarkan dari ruang paripurna kalau anda tidak mengikuti aturan mekanisme," kata pimpinan DPR Aziz Syamsuddin.

Sebagian besar fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui Rancangan Undang-undang (RUU) Cipta Kerja untuk selanjutnya di sahkan menjadi Undang-undang.

Pengesahan RUU Cipta Kerja menjadi salah satu agenda rapat paripurna sekaligus sebagai agenda penutupan masa sidang.

Hanya fraksi Demokrat dan fraksi Partai Keadilan Sejahtera yang menolak. 

Tujuh fraksi lainya mendukung Rancangan Undang-undang Cipta Kerja diantaranya fraksi PDIP, Golkar, Gerindra, Nasdem, PKB, PPP, dan PAN, menerima dengan catatan.

"Bahwa pandangan-pandangan fraksi, 6 menyatakan setuju secara bulat, 1 menerima dengan catatan fraksi PAN, 2 menyatakan menolak. Sehingga berdasarkan mekanisme tata tertib pasal 312 dan 313 mengacu kepada pasal 164 yang disampaikan tadi, maka pimpinan dapat mengambil berdasarkan pandangan-pandangan fraksi di dalam forum rapat paripurna," jelas Pimpinan DPR Aziz Syamsuddin dalam sidang Paripurna Pengesahan Rancangan Undang-undang Cipta Kerja di DPR, Senin (05/10/2020).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x