Kompas TV regional berita daerah

Wamen Perdagangan Dan OVO Digitalisasi Pasar Bersehati

Kompas.tv - 5 Oktober 2020, 18:41 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MANADO, KOMPAS.TV- Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga bersama salah satu platform pembayaran digital terbesar di indonesia yakni OVO, memulai inisiatif program digitalisasi pasar tradisional. Digitalisasi pasar kali ini menyasar Pasar Tradisional Bersehati di kota Manado.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, mengunjungi Pasar Bersehati kota Manado pada jumat pagi. Dalam kunjungan kerjanya, Jerry melakukan edukasi terhadap pedagang terkait program digitalisasi pasar.

Wakil Menteri Perdagangan turut memperagakan kemudahan bertransaksi secara Cashless bersama salah satu pedagang telur yang ada di Pasar Bersehati.

Dalam program digitalisasi pasar bersehati di kota Manado , Kementerian Perdagangan berkolaborasi bersama Bank Indonesia dan salah satu penyelenggara jasa sistem pembayaran yakni Ovo.

Digitalisasi pasar bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi non tunai, terutama di tengah pandemi COVID-19 yang mensyaratkan pengurangan kontak langsung antar individu.

Kota Manado menjadi salah satu kota sasaran digitalisasi Pasar Tradisional di kawasan Indonesia Timur, karena merupakan salah satu kota besar di Indonesia bagian timur, dengan penetrasi transaksi non tunai yang terus bertumbuh.

Sementara itu salah satu  penyelenggara jasa sistem pembayaran yang turut berkontribusi dalam digitalisasi pasar bersehati kota manado yakni Ovo, terus mendorong pelaku usaha mikro kecil menengah dalam mengembangkan infrastruktur pembayaran digital, yang aman dan praktis bagi pedagang Pasar Tradisional.

Presiden Direktur Ovo Karaniya Dharmasaputra mengatakan, Ovo terus berupaya melakukan inisiatif mendukug UMKM dan Pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi Nasional.

Salah satunya dengan terus mengedukasi dan mempromosikan masyarakat dalam mengadopsi pembayaran nirsentuh, sebagai salah satu upaya menaati protokol kesehatan.

Dengan memanfaatkan transaksi Non tunai melalui Quick Response Code Indonesian Standard atau Qris yang disiapkan Bank Indonesia, baik pedagang maupun konsumen terhindar dari potensi penyebaran virus korona, karena meminimalisir kontak fisik.

Di kesempatan ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara memberikan apresiasi kepada Ovo, yang turut berperan penting dalam menopang program Pemerintah terkait digitalisasi pasar.

Program digitalisasi pasar kali ini  dihadiri oleh pedagang yang ada di Pasar Bersehati, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Pemerintah Kota Manado serta unsur TNI dan POLRI.

#kompastvmanado #jerrysambuaga #ovo

Yannemieke Singal Kompas tv Manado

 

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x