Kompas TV regional peristiwa

Detik-detik Markas KKB Terbongkar Gara-gara Asap, TNI Mendekat Tembak Mati Anak Buah Egianus Kogoya

Kompas.tv - 5 Oktober 2020, 01:12 WIB
detik-detik-markas-kkb-terbongkar-gara-gara-asap-tni-mendekat-tembak-mati-anak-buah-egianus-kogoya
Kelompok kriminal bersenjata atau KKB Papua (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Tito Dirhantoro

NDUGA, KOMPAS TV - Seorang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang merupakan anak buah Egianus Kogoya tewas, saat kontak senjata dengan TNI di Distrik Dal, Kabupaten Nduga, Papua.

Kontak senjata itu terjadi setelah prajurit TNI melalukan penyergapan di sebuah honai yang diduga menjadi tempat persembunyian anggota KKB.

Demikian hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Penerangan (Kapen) Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III Kolonel Czi IGN Suriastawa.

Baca Juga: Nyatakan Perang Terbuka dengan TNI-Polri di Intan Jaya, Segini Kekuatan KKB

"Kontak tembak itu berhasil menewaskan seorang anggota KKB anak buah Egianus Kogoya yang berada dalam tempat persembunyian di sebuah honai di Distrik Dal wilayah Nduga," kata Suriastawa lewat keterangan resminya yang dikutip pada Minggu (4/10/2020).

Suriastawa menjelaskan, insiden baku tembak yang menewaskan seorang anggota KKB itu berawal saat pasukan TNI sedang melaksanakan patroli rutin di Distrik Dal.

Aparat TNI berpatroli di Distrik Dal karena curiga wilayah tersebut menjadi jalur perlintasan gerombolan KKB. Ternyata, kecurigaan itu benar.

Saat itu, kata Suriastawa, waktu menunjukan pukul 12.00 WIT, ketika pasukan TNI yang berada di ketinggian melihat kepulan asap dari rerimbunan hutan di Distrik Dal.

Baca Juga: Tim Gabungan TNI Polri Kejar KKB yang Melakukan Penembakan di Intan Jaya Papua

Aparat TNI mencurigai kepulan asap itu. Lalu, kata Suriastawa, pasukan TNI berusaha mendekati lokasi yang menjadi sumber munculnya asap.

Ketika berusaha mendekat, pasukan TNI melihat ada sebuah bangunan berupa honai. Mereka kemudian melakukan pengintaian sembari mendekati sasaran secara senyap.

Suriastawa mengatakan, sambil terus mendekat, pasukan TNI mendengar percakapan yang berasal dari dalam honai. Pasukan TNI, kata dia, menduga jumlah orang di dalam honai itu sekira 4 sampai 5 orang.

Pasukan TNI kemudian tetap bergerak secara senyap dan hati-hati untuk mendekat ke honai tersebut. Memastikan siapa saja yang berada di dalamnya.

Baca Juga: Warga Takut Beraktivitas Usai KKB Tembaki Rombongan Polisi di Intan Jaya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x