Kompas TV regional berita daerah

Gubernur Jawa Timur Ikut Panen Buah Kelengkeng Perdana Kualitas Super

Kompas.tv - 3 Oktober 2020, 14:16 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Pandemi covid-19 tidak menyurutkan seorang petani asal Lumajang Jawa Timur menanam buah kelengkeng di lahan seluas setengah hektar. Hasilnya cukup memuaskan, tanaman buah kelengkengnya berbuah lebat hingga membuat Gubernur Jawa Timur, tertarik untuk memanen perdana di kebunnya.

Dengan didampingi Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memetik buah kelengkeng milik Bunadi di Desa Wonogriyo Kecamatan Tekung.

Baca Juga: Keren! Petani Milenial Ini Ubah Lahan Kritis Jadi Kebun Kelengkeng Beromzet Puluhan Juta Sehari

Ada 2 varietas kelengkeng yang dipetik disini, yakni kelengkeng kateki dan lokal super. Untuk kelengkeng lokal super ada 55 pohon, sedangkan untuk kateki ada 4 pohon.

Bunadi tertarik mengembangkan kelengkeng jenis lokal super, karena rasanya lebih enak. Satu kali petik untuk satu pohon dapat menghasilkan 54 hingga 55 kilogram buah kelengkeng.

Baca Juga: Jutaan Rupiah Setiap Bulan dari Budi Daya Kelengkeng

Meski baru pertama dipanen, ternyata Bunadi sudah punya pangsa pasar sendiri, yang siap menampung hasil jerih payahnya, yakni di daerah Jakarta, Sumatera, NTB dan Kalimantan.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa berharap apa yang dilakukan Bunadi mampu menginspirasi petani lain agar ekonomi bisa bangkit kembali di saat pandemi covid-19.

 

#BuahKelengkeng #GubernurJawaTimur #PetaniKelengkeng




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x