Kompas TV nasional sapa indonesia

Pandemi Covid-19, Rutan Fasilitasi Layanan Video Call dengan Keluarga untuk Narapidana

Kompas.tv - 2 Oktober 2020, 19:01 WIB

KOMPAS.TV - Rumah tahanan kelas II B Wonosobo, Jawa Tengah, berinovasi dengan memberikan layanan panggilan video atau video call bagi para napi.

Langkah ini dilakukan karena semenjak pandemi, keluarga warga binaan tidak bisa menjenguk ke rutan, guna mencegah penyebaran covid-19.

Layanan vicado, atau video call door to door, diberikan oleh rumah tahanan kelas II B Wonosobo, jawa tengah bagi para napi. Layanan ini digagas, karena sudah berbulan-bulan lamanya para napi tidak dapat dijenguk keluarga, akibat pandemi.

Disebut dari pintu ke pintu, karena memang para petugas mendatangi langsung rumah-rumah keluarga dari warga binaan.

Berbekal peralatan seperti laptop atau telepon pintar, petugas menyambungkan koneksi panggilan video jarak jauh dengan rumah tahanan, sehingga antara warga binaan dan keluarga bisa saling tatap muka, meski hanya di depan layar.

Layanan ini untuk sementara hanya diperuntukkan bagi keluarga warga binaan yang dianggap kurang mampu, atau tidak memiliki gawai pendukung.

Layanan ini pun disambut gembira oleh keluarga warga binaan yang sudah lama tidak melihat kondisi keluarganya di rumah tahanan.

Layanan Vicado, dijadikan solusi untuk mencegah penyebaran covid-19 di dalam rutan. Namun warga binaan masih bisa bertatap muka dengan keluarganya meski dari depan layar. 

Seblum menggunakan layanan ini para napi diwajibkan didampingi petugas dengan menerpakan protokol kesehatan.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x