Kompas TV internasional kompas dunia

Rumah Sakit di Midwest, AS, Kewalahan Menampung Pasien Covid-19

Kompas.tv - 1 Oktober 2020, 07:34 WIB
rumah-sakit-di-midwest-as-kewalahan-menampung-pasien-covid-19
Dua orang perawat akan melakukan tes usap di rumah sakit di kota Bismark, North Dakota, Amerika Serikat. Foto diambil pada 8 September 2020 (Sumber: Assocoated Press)
Penulis : Tussie Ayu

MILWAUKEE, KOMPAS.TV - Virus corona semakin mencengkeram jantung Amerika Serikat (AS). Dengan melonjaknya infeksi di kawasan Midwest, beberapa rumah sakit di Wisconsin dan North Dakota semakin kekurangan tempat untuk merawat pasien Covid-19.

Kawasan Midwest mengalami tingkat infeksi per kapita tertinggi di seluruh AS. Sementara pejabat kesehatan federal kembali mendesak gubernur di wilayah ini untuk memperluas penggunaan masker di seluruh negara bagian.

Sejumlah penderita COVID-19 dirawat di rumah sakit di Wisconsin, yang merupakan salah satu negara bagian di kawasan Midwest. Dari 737 pasien pada Rabu (30/9/2020), sebanyak 205 orang berada dalam perawatan intensif di Wisconsin.

Negara bagian itu juga melaporkan jumlah kematian tertinggi dalam satu hari, yaitu 27 kematian. Jumlah ini menambah jumlah korban tewas karena Covid-19  menjadi 1.327. Pejabat kesehatan Wisconsin melaporkan 2.319 infeksi baru, sehingga jumlah total menjadi 122.274.

Seperti dilansir dari Associated Press, Pejabat di ThedaCare, yaitu sistem kesehatan komunitas dari tujuh rumah sakit, mengatakan mereka telah kewalahan. Di pusat medis mereka di Appleton, sekitar 160 kilometer di utara Milwaukee, kapasitas rumas sakit sudah penuh. Mereka mulai mengirim pasien ke rumah sakit lain yang berjarak sekitar 64 kilometer jauhnya. Milwaukee juga merupakan salah satu negara bagian yang berada di Midwest.

Sedangkan di negara bagian yang lain, yaitu North Dakota, rumah sakit menambah ruang di tengah kekhawatiran akan melonjaknya jumlah pasien Covid-19.

Sebuah rumah sakit baru pun dibangun di ibukota negara bagian North Dakota, yaitu di kota Bismark. Rumah Sakit yang bernama Sanford Health ini menambah 14 kapasitas tempat tidur untuk pasien Covid-19, setengah di antaranya disediakan untuk pasien ICU. Ruang tersebut tidak hanya digunakan untuk pasien virus corona, tetapi dapat digunakan untuk merawat mereka jika diperlukan.

Secara keseluruhan, North Dakota telah melaporkan 21.846 infeksi dan 247 kematian. Ada 89 orang yang dirawat di rumah sakit.

Ketegangan tentang melonjaknya kasus Covid-19 di Midwest, juga terjadi dalam debat perdana capres AS yang berlangsung Selasa (29/9/2020). Presiden Donald Trump dan saingan Demokratnya, Joe Biden, memperdebatkan tentang penanganan pandemi Covid-19.

Trump mengklaim penanganannya virus sudah tepat, dengan menjaga keseimbangan ekonomi dan tetap mendorong produksi vaksin. Namun Biden mengkritik Trump karena menurutnya, Trump berbuat terlalu sedikit, terlambat, dan ini membahayakan nyawa warga Amerika.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x