Kompas TV regional berita daerah

Balai Pustaka RI Luncurkan Aplikasi Belajar Online Barugasikola Hemat Kuota Untuk Guru Dan Siswa

Kompas.tv - 28 September 2020, 15:41 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Balai Pustaka Dinas pendidikan provinsi sulawesi selatan  meluncurkan aplikasi belajar online. Aplikasi yang diberinama barugasikola ini, di khususkan bagi para siswa dan guru, agar penggunaan kuota lebih hemat saat proses belajar jarak jauh.

Aplikasi baruga sekolah yang diluncurkan dinas pendidikan provinsi sulawesi selatan, bekerjasama dengan balai pustaka, sudah dapat digunakan oleh siswa secara gratis. Sebelum diluncurkan, dinas pendidikan provinsi sulawesi selatan, telah melakukan uji coba disejumlah sekolah di kabupaten gowa, dan hasilnya sangat membantu para siswa.

Penamaan “barugasikola” berasal dari bahasa bugis-makassar yang berarti gerbang pendidikan. Sesuai namanya, barugasikola, adalah sarana yang bisa menghubungkan warga dalam lingkungan sekolah untuk berkomunikasi dan berinteraksi.

Sulawesi selatan menjadi wilayah pertama di indonesia yang menggunakan aplikasi barugasikola bagi para siswa untuk belajar. Bahkan sejumlah provinsi di tanah air berminat menggunakan aplikasi tersebut.

Direktur Utama Balai Pustaka, Achmad Fachrodji menuturkan, aplikasi ini dirancang lebih dari 9 bulan dengan menggabungkan media sosial dalam satu aplikasi yang terintegrasi. 

"Karena selain bisa bermedia sosial, aplikasi ini memungkinkan proses belajar mengajar antara guru dan siswa berlangsung dimana saja melalui media daring," ujarnya saat ditemui disela-sela launching aplikasi Barugasikola, Jumat (25/09/2020).

Lebih lanjut Ia menjelaskan, tengah pandemi Covid 19 ini, aplikasi ini juga berperan penting dalam memutus mata rantai virus Covid-19.

"Sebab tidak ada interaksi langsung antara siswa dan guru, serta menghindari kerumunan orang dalam jumlah besar seperti saat bersekolah dengan sistem tatap muka," jelasnya.

Barugasikola ini juga dapat menghubungkan warga dalam lingkungan sekolah untuk berkomunikasi dan berinteraksi dalam satu aplikasi yang sama yaitu antara Sekolah/Yayasan, Guru, Siswa, Orang Tua siswa dan Pemerintah.

"Khusus untuk orang tua, aplikasi ini memungkinkan orang tua untuk memonitor aktivitas belajar antara siswa dengan guru melalui aplikasi," tambahnya.

"Barugasikola pastikan aplikasi ini bisa mempermudah orang tua melihat kegiatan anaknya setiap saat hanya melalui aplikasi," tambahnya

Aplikasi gratis ini bisa digunakan oleh siswa SD, SMP, SMA dan SMK. Fitur aplikasi Barugasikola berisikan banyak fitur menarik, yakni Media Sosial Pendidikan. Pengguna juga bisa berinteraksi lewat Chat Messenger, serta bermain Games edukasi sarana belajar-mengajar guru dan siswa tanpa harus bertatap muka di ruangan yang sama. Didalam ruang kelas pula, orang tua atau siswa bisa memilih fitur Bimbel, alias bimbingan belajar yang juga dengan metode daring.

"Bukan hanya untuk siswa, guru pun memperoleh banyak manfaat dari program ini, karena menjadi kreatif dan inovatif. Misalnya dalam membuat materi pembelajaran secara digital, guru bisa membuat e-book yang berupa kombinasi teks, gambar dan video," jelasnya.

#balaipustaka
#barugasikola
#belajardaring



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x