Kompas TV regional berita daerah

Balai Pustaka RI Luncurkan Aplikasi Belajar Online Barugasikola Hemat Kuota Untuk Guru Dan Siswa

Senin, 28 September 2020 | 15:41 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Balai Pustaka Dinas pendidikan provinsi sulawesi selatan  meluncurkan aplikasi belajar online. Aplikasi yang diberinama barugasikola ini, di khususkan bagi para siswa dan guru, agar penggunaan kuota lebih hemat saat proses belajar jarak jauh.

Aplikasi baruga sekolah yang diluncurkan dinas pendidikan provinsi sulawesi selatan, bekerjasama dengan balai pustaka, sudah dapat digunakan oleh siswa secara gratis. Sebelum diluncurkan, dinas pendidikan provinsi sulawesi selatan, telah melakukan uji coba disejumlah sekolah di kabupaten gowa, dan hasilnya sangat membantu para siswa.

Penamaan “barugasikola” berasal dari bahasa bugis-makassar yang berarti gerbang pendidikan. Sesuai namanya, barugasikola, adalah sarana yang bisa menghubungkan warga dalam lingkungan sekolah untuk berkomunikasi dan berinteraksi.

Sulawesi selatan menjadi wilayah pertama di indonesia yang menggunakan aplikasi barugasikola bagi para siswa untuk belajar. Bahkan sejumlah provinsi di tanah air berminat menggunakan aplikasi tersebut.

Direktur Utama Balai Pustaka, Achmad Fachrodji menuturkan, aplikasi ini dirancang lebih dari 9 bulan dengan menggabungkan media sosial dalam satu aplikasi yang terintegrasi. 

"Karena selain bisa bermedia sosial, aplikasi ini memungkinkan proses belajar mengajar antara guru dan siswa berlangsung dimana saja melalui media daring," ujarnya saat ditemui disela-sela launching aplikasi Barugasikola, Jumat (25/09/2020).

Lebih lanjut Ia menjelaskan, tengah pandemi Covid 19 ini, aplikasi ini juga berperan penting dalam memutus mata rantai virus Covid-19.

"Sebab tidak ada interaksi langsung antara siswa dan guru, serta menghindari kerumunan orang dalam jumlah besar seperti saat bersekolah dengan sistem tatap muka," jelasnya.

Barugasikola ini juga dapat menghubungkan warga dalam lingkungan sekolah untuk berkomunikasi dan berinteraksi dalam satu aplikasi yang sama yaitu antara Sekolah/Yayasan, Guru, Siswa, Orang Tua siswa dan Pemerintah.

"Khusus untuk orang tua, aplikasi ini memungkinkan orang tua untuk memonitor aktivitas belajar antara siswa dengan guru melalui aplikasi," tambahnya.

"Barugasikola pastikan aplikasi ini bisa mempermudah orang tua melihat kegiatan anaknya setiap saat hanya melalui aplikasi," tambahnya

Aplikasi gratis ini bisa digunakan oleh siswa SD, SMP, SMA dan SMK. Fitur aplikasi Barugasikola berisikan banyak fitur menarik, yakni Media Sosial Pendidikan. Pengguna juga bisa berinteraksi lewat Chat Messenger, serta bermain Games edukasi sarana belajar-mengajar guru dan siswa tanpa harus bertatap muka di ruangan yang sama. Didalam ruang kelas pula, orang tua atau siswa bisa memilih fitur Bimbel, alias bimbingan belajar yang juga dengan metode daring.

"Bukan hanya untuk siswa, guru pun memperoleh banyak manfaat dari program ini, karena menjadi kreatif dan inovatif. Misalnya dalam membuat materi pembelajaran secara digital, guru bisa membuat e-book yang berupa kombinasi teks, gambar dan video," jelasnya.

#balaipustaka
#barugasikola
#belajardaring

Editor : KompasTV Makassar



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:06
HARI INI, KEMENKES PERIKSA 40.572 SPESIMEN COVID-19   MENDIKBUD MENCATAT 15.000 MAHASISWA MENJADI SUKARELAWAN MITIGASI COVID-19   POLISI KEMBALI PANGGIL PEGAWAI KEJAKSAAN AGUNG YANG MENJADI TERSANGKA KASUS KEBAKARAN   SATGAS PENANGANAN COVID-19 SEBUT 3.545 PASIEN COVID-19 SEMBUH DALAM 24 JAM TERAKHIR   SATGAS PENANGANAN COVID-19 MENCATAT ADA 4.029 KASUS BARU HARI INI   PRESIDEN JOKOWI BERTERIMA KASIH KEPADA PUTRA MAHKOTA ABU DHABI MOHAMED BIN ZAYED KARENA NAMANYA DIJADIKAN NAMA JALAN   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO MINTA PEMERINTAH JELASKAN URGENSI PEMBANGUNAN PARIWISATA DI PULAU RINCA   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO MINTA PEMERINTAH LIBATKAN PEGIAT LINGKUNGAN DALAM PEMBANGUNAN PARIWISATA DI PULAU RINCA   WALI KOTA SOLO FX RUDYATMO BERHARAP TAK ADA PHK KARYAWAN SETELAH PEMERINTAH PUSAT TIDAK NAIKKAN UPAH MINIMUM   WAPRES MA'RUF AMIN MENILAI PILKADA TETAP DIGELAR UNTUK PENUHI HAK KONSTITUSI RAKYAT   KETUA DPR PUAN MAHARANI BERHARAP GENERASI MUDA BISA MENJADI PILAR KEBANGKITAN MENGHADAPI PANDEMI COVID-19   JUBIR SATGAS PENANGANAN COVID-19 MINTA DESTINASI WISATA ANTISIPASI KLASTER LIBUR PANJANG   SATGAS PENANGANAN COVID-19 BERHARAP MAHASISWA IKUT MENYADARKAN MASYARAKAT SOAL ANCAMAN COVID-19   NAWAWI POMOLANGO: DENGAN PERPRES SUPERVISI, TAK ADA LAGI PENEGAK HUKUM YANG TIDAK BEKERJA SAMA DENGAN KPK