Kompas TV nasional sapa indonesia

Bantuan Kuota Internet Mulai Cair, Benarkah Masih Ada Sejumlah Kendala?

Sabtu, 26 September 2020 | 23:15 WIB

KOMPAS.TV - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim menyebut,  penyaluran bantuan ini dilakukan dalam 3 bulan. Setiap bulan akan ada 2 tahap penyaluran.

Nadiem menyebut, penyaluran bantuan di bulan pertama dilakukan pada 22-24 September 2020 untuk tahap pertama dan pada 28-30 September 2020 untuk tahap 2.

Selanjutnya pada bulan kedua, penyaluran akan dilakukan pada 22-24 Oktober 2020 untuk tahap pertama dan 28-30 oktober 2020 untuk tahap 2.

Sementara penyaluran kuota bulan ketiga dan keempat yang dikirim bersamaan dilakukan pada 22-24 November 2020 untuk tahap pertama, dan 28-29 November 2020 untuk tahap dua.

Nadiem menambahkan, bantuan kuota tersebut akan diberikan dengan volume berbeda untuk 4 kelompok.

Sementara Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate meminta operator seluler, yang terlibat dalam program bantuan kuota belajar untuk menjaga kualitas jaringan mereka.

Bantuan ini disambut gembira para guru dan murid, salah satunya di SMK Negeri 5 Palembang, Sumatera Selatan,

Di sekolah ini ada 1390 siswa dan 90  guru yang menerima bantuan kuota internet. Untuk mendaoat bantuan ini, pada siswa dan guru harus sudah terdaftar di data pokok pendidikan.

Kemendikbud mengalokasikan dana sebesar 7,3 triliun rupiha untuk subsidi kuota internet.

Untuk itu, Kemendikbud harus melakukan pengawasan ketat dalam penyaluran bantuan kuota internet tersebut, agar tidak ada kebocoran dan tetap sasaran.

Sejauh mana dampak bantuan kuota internet ini mendongkrak kualitas pembelajaran jarak jauh di masa pandemi saat ini, lalu sejauh mana upaya pemerintah menjangkau seluruh sekolah hingga ke pelosok Tanah Air?

Simak dialog selengkapnya bersama Ketua Komisi X DPR Fraksi PKB, Syaiful Huda dan Pengamat Pendidikan, Indra Charismiadji.

Editor : Anjani Nur Permatasari



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:36
PERANCIS PERLUAS KEBIJAKAN JAM MALAM HINGGA KE 54 PROVINSI DALAM UPAYA MENEKAN PENULARAN COVID-19    ITALIA TUTUP BIOSKOP, TEATER, DAN TEMPAT OLAHRAGA HINGGA BATAS WAKTU YANG BELUM DITENTUKAN CEGAH PENULARAN KORONA   ANGKA PENULARAN COVID-19 TINGGI, PM ITALIA PERKETAT PEMBATASAN AKTIVITAS WARGA   BPBD KOTA BEKASI MENCATAT 346 JIWA MENGUNGSI AKIBAT TERDAMPAK BANJIR LUAPAN KALI CILEUNGSI DAN CIKEAS   PLT BUPATI PONOROGO, JATIM, SEBUT 10 PEGAWAI PLN PONOROGO POSITIF COVID-19 SEUSAI TERIMA TAMU DARI SURABAYA   POLRESTABES SURABAYA SITA 8,8 KILOGRAM SABU DAN 17.000 PIL HAPPY FIVE DARI 8 TERSANGKA KASUS PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA    POLRESTABES SURABAYA TANGKAP 8 TERSANGKA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DI JAWA TIMUR   POLRES INDRAGIRI HILIR TANGKAP Y, KURIR NARKOTIKA DENGAN BARANG BUKTI SABU SEBERAT 50 KILOGRAM   KAPOLDA RIAU PASTIKAN KOMPOL IZ, PELAKU PENGEDAR NARKOTIKA JENIS SABU, SEGERA DIPROSES HUKUM   WAKAPOLRES JEMBER SEBUT DARI 5 YANG DITETAPKAN TERSANGKA PERUSAKAN KANTOR DPRD JEMBER, DUA DI ANTARANYA PELAJAR   POLRES JEMBER, JATIM, TETAPKAN 5 TERSANGKA PERUSAKAN KANTOR DPRD JEMBER SAAT UNJUK RASA TOLAK UU CIPTA KERJA   MENKO KEMARITIMAN DAN INVESTASI LUHUT BINSAR PANDJAITAN SEBUT WORLD BANK DAN IMF APRESIASI UU CIPTA KERJA   POLRI AKAN TINDAK TEGAS DAN PROSES HUKUM SIAPA PUN YANG TERLIBAT DALAM PEREDARAN SENJATA API ILEGAL DI PAPUA   DINKES KOTA BANJARMASIN, KALSEL, SETUJUI RENCANA SEKOLAH TATAP MUKA YANG DISIAPKAN DINAS PENDIDIKAN AWAL NOVEMBER