Kompas TV nasional sosial

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Diresmikan Presiden Jokowi

Kompas.tv - 25 September 2020, 19:28 WIB
jalan-tol-pekanbaru-dumai-diresmikan-presiden-jokowi
Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai di Kota Pekanbaru, Riau, Jumat (21/2/2020). (Sumber: ANTARA/Anggi Romadhoni/aa)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan Tol Pekanbaru-Dumai. Peresmian ini dilakukan Presiden Jokowi secara virtual dari Istana Kepresidenan, Bogor.

"Alhamdulillah pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,5 Km dengan biaya Rp 12,18 triliun telah rampung dan selesai," kata Presiden Jokowi, Jumat (25/9/2020), dikutip dari Tribunnews. 

Baca Juga: Tangkal Resesi, Jokowi: Perkuat Ekonomi Desa Sebagai Penyangga Kota

Dengan peresmian ini, kata Presiden Jokowi, jalan tol yang merupakan bagian dari ruas Tol Trans Sumatera ini bisa dioperasikan secara penuh.

Presiden Jokowi berharap Tol Pekanbaru-Dumai bisa dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan produktif masyarakat Riau, maupun masyarakat yang melintasi Pulau Sumatera.

Menurut Presiden jalan tol tersebut akan meningkatkan konektivitas antara Ibu Kota Provinsi Riau dengan Kota Dumai yang merupakan kota pelabuhan dengan industri perminyakan, agribisnis, dan perkebunan. 

"Jalan tol ini juga memperpendek jarak tempuh kota Pekanbaru-Dumai, dari sebelumnya 200 km jika lewat jalan nasional menjadi hanya 131 KM jika ditempuh melalui jalan tol ini," katanya.

Jokowi mengungkap, Tol Pekanbaru-Dumai telah mengundang minat investor untuk mengembangkan usaha di sekitar jalan tol. Seperti membangun kawasan industri, lapangan pekerjaan, pengembangan perumahan, dan fasilitas pariwisata.

Minat investor untuk mendukung pengembangan daerah seperti ini, kata Jokowi, harus direspons dengan cepat. Sehingga pemerintah daerah dan masyarakat bisa dapat manfaat yang lebih banyak dari keberadaan infrastruktur yang dibangun pemerintah.

"Tumbuhnya sentra-sentra ekonomi baru ini akan meningkatkan aktivitas perekonomian wilayah, dan sekali lagi membuka lapangan kerja yang lebih banyak lagi," tutur Jokowi.

Oleh karena itu, Jokowi menitipkan Tol Pekanbaru-Dumai kepada pemerintah daerah dan masyarakat Pekanbaru-Dumai agar memanfaatkan infrastruktur ini dengan sebaik-baiknya. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x