Kompas TV regional berita daerah

500 Aparat Gabungan TNI - Polri, Amankan Pencabutan Nomor Urut Pilwali Makassar

Kompas.tv - 25 September 2020, 14:30 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Inilah situasi pengamanan lokasi pencabutan nomor urut  di hotel harper, yang berada di jalan perintis kemerdekaan, kecamatan biringkanaya, kota makassar,sulawesi selatan, kamis pagi 24/09/2020.

Sebanyak 500 aparat gabungan tni polri, disiagakan untuk mengantisipasi adanya massa pendukung yang ikut mengawal  para kontestan, calon wali kota dan calon wakil walikota untuk periode 2021-2026.

Untuk pengamanan sendiri dibagi dalam 4 ring, dan melibatkan unit penjinak bom, unit wanteror, dan dua ring lainnya di jaga aparat kepolisian dan pihak tni.

Dalam pencabutan nomor urut pada pilwali makassar ini, pasangan dany fatma mendapat nomor urut 1, munafri - rahman bando nomor 2, syamsu rizal - fadli ananda nomor 3, dan irman yasin limpo - andi zunnun nomor 4.

Selain itu, untuk massa yang berada di luar ruangan akan ditindak oleh polisi. Oleh karenanya, KPU memilih Hotel Harper Perintis By Aston, Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar sebagai lokasi untuk melakukan pengundian nomor urut calon.

"Itu juga menjadi pertimbangan kami karena lokasinya kan dekat dengan Mapolda. Jadi semakin mempermudah pihak keamanan untuk mengamankan jalannya agenda," jelas Gunawan.

Koordinator Divisi Penindakan dan Penanganan Pelanggaran Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Makassar Sri Wahyuningsi menegaskan, paslon yang membawa massa akan diberikan sanksi administrasi.

"Sanksinya paling misalnya teguran, separah-parahnya jangan sampai juga (Pilkada) ditunda toh. Tapi kalau misalkan Bapaslon mengabaikan itu, bahaya juga," tegas Sri.

"Kita sudah ingatkan, memang selalu alasannya bakal pasangan calon. Padahal Paslon dan timnya punya kewenangan untuk menghalau mereka. Suruh pulang, dari pada mereka yang dipersoalkan," Sri menambahkan.

Rapat pleno tertutup penetapan pasangan calon Wali Kota dan Calon Wakil Wali Kota Makassar KPU Kota Makassar memutusakan empat pasangan calon. Akan bertarung di Pilkada Kota Makassar.

Empat pasangan calon yang telah ditetapkan KPU Makassar adalah Irman Yasin Limpo - Andi M Zunnun Nurdin Halid, Mohammad Ramdhan Pomanto - Fatmawati Rusdy, Munafri Arifuddin - Abdul Rahman Bando, dan Syamsu Rizal - Fadli Ananda.

 

#KPUMAKASSAR
#PILKADA2020
#PILWALIMAKASSAR



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x