Kompas TV regional berita daerah

Kontes dan Pameran Bonsai Meriahkan HUT Kota Pangkalpinang ke-263

Selasa, 22 September 2020 | 15:43 WIB

Dalam rangka hari jadi Kota Pangkalpinang ke-263, ratusan penggemar bonsai hadir mengikuti pameran,  kontes, dan bursa bonsai di Pasir Padi Bay Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung.

Selain untuk memeriahkan hari jadi Pangkalpinang, kegiatan ini diselenggarakan untuk mengakomodir para pencinta bonsai di Kepulauan Bangka Belitung, agar mampu bersaing dengan  pebonsai dari luar daerah lainnya.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini, mengusung tema : Gebyar Bonsai Kota Beribu Senyuman 2020, sesuai dengan tag line Kota Pangkalpinang.

Tingginya antusiasme peserta, nampak pada jumlah peserta yang melebihi target, yakni diikuti oleh total 600 pot tanaman.

Menurut Ketua persatuan Pencinta Bonsai Indonesia ( PBBI ) Pangkalpinang, Syamsul Hilal, dalam kontes ini, selain menampilkan spesies dari Bangka, juga menampilkan spesies dari luar daerah.

Yang terdiri dari tiga kelompok. Yaitu bonsai, bougenvile, dan kelapa mini.

Dari bonsai sendiri,  ada beberapa kelas. Seperti mame, small, medium, large, spesies sapu – sapu, dan prospek umum.  

Selain tampilaln menarik, salah satu penilaian dari kontes yakni dari halusnya proses pengerjaan bonsai,  teknik pengawatan, sampai dengan finishing.

Selain tropi dan piagam penghargaan, para pemenang juga akan mendapatkan uang pembinaan, dan emas murni mini gold.

Selain sebagai ajang silaturahmi antara pencinta tanaman terutama bonsai, kegiatan ini juga salah satu bentuk ekonomi kreatif masyarakat, agar bisa bersaing dengan  pebonsai dari luar daerah.

Baca Juga: Pesona Hamparan Batu Granit di Pantai Jerangkat

 

Editor : KompasTV Bangka



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:49
KPK AJUKAN BANDING ATAS VONIS BUPATI NONAKTIF SOLOK SELATAN MUZNI ZAKARIA   MENKO POLHUKAM SEBUT INDONESIA DAN AUSTRALIA PERTEGAS KERJA SAMA DI BIDANG HUKUM DAN KEAMANAN   PERIKSA CHAIRUMAN HARAHAP, KPK DALAMI SOAL PENYUSUNAN DAN PENGESAHAN ANGGARAN PROYEK KTP ELEKTRONIK   KPK PERIKSA MANTAN KETUA KOMISI II DPR CHAIRUMAN HARAHAP SEBAGAI SAKSI KASUS KTP ELEKTRONIK   KEPALA SEKRETARIAT KSP AKAN MELAPOR KE KPK SOAL PRESIDEN JOKOWI YANG MENDAPAT SEPEDA LIPAT   KEMENAG TEGASKAN DANA BANTUAN BAGI PESANTREN TIDAK BOLEH DIPOTONG   GUBERNUR DIY SULTAN HAMENGKUBUWONO X PERSILAKAN ASN UNTUK KELUAR DAERAH SAAT LIBUR PANJANG   POLRI MENGATAKAN SENJATA YANG DIDUGA DIPERJUALBELIKAN OKNUM BRIMOB BUKAN SENJATA ORGANIK ATAU DINAS   SEKRETARIS UMUM PP MUHAMMADIYAH: MAULID NABI SEBAIKNYA TIDAK ADA SEREMONIAL YANG HADIRKAN BANYAK ORANG   KUASA HUKUM BAHAR BIN SMITH SEBUT KLIENNYA BERENCANA AJUKAN PRAPERADILAN ATAS STATUS TERSANGKA BARU   POLDA JABAR TETAPKAN BAHAR BIN SMITH SEBAGAI TERSANGKA KASUS PENGANIAYAAN SECARA BERSAMA-SAMA    JUBIR SATGAS PENANGANAN COVID-19: KEMATIAN AKIBAT VIRUS KORONA NAIK 19 PERSEN DI PEKAN KETIGA OKTOBER 2020   JUBIR SATGAS PENANGANAN COVID-19 MEMPREDIKSI LIBUR PANJANG AKAN BERDAMPAK PADA KENAIKAN KASUS POSITIF COVID-19   PEMKOT BEKASI, JABAR, KEMBALI IZINKAN BIOSKOP BEROPERASI DENGAN MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN PEKAN INI