Kompas TV nasional berita kompas tv

Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi, Jokowi Minta Pembangunan Pelabuhan Patimban Dikebut

Kompas.tv - 22 September 2020, 10:35 WIB
dongkrak-pertumbuhan-ekonomi-jokowi-minta-pembangunan-pelabuhan-patimban-dikebut
Presiden Jokowi saat memimpin ratas di Istana Negara (Sumber: Youtube: Sekretariat Presiden)
Penulis : Abdur Rahim

JAKARTA, KOMPASTV – Di tengah pandemi Covid-19, Presiden Joko Widodo meminta agar pembangunan Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, Jawa Barat, dipercepat.

Hal ini disampaikan saat memimpin rapat terbatas di Istana Negara (22/9).

“Kita akan percepat pelabuhan Patimban, di Kabupaten Subang, Jawa Barat”, ujar Jokowi saat membuka ratas (22/9).

Ia berharap, Pelabuhan Patimban ini  diharapkan menjadi salah satu hub bagi industri ekspor tanah air, terutama di bidang otomotif, sehingga, pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar dapat ditingkatkan.

"Jika pelabuhan Patimban ini terbangun segi tiga, kawasan pertumbuhan ekonomi, yaitu pelabuhan Patimban, Airport Kertajati, dan kawasan Bekasi, Karawang, Purwakarta sebagai kawasan industri, saling terkoneksi, saling mendukung satu dengan yang lain, sehingga memiliki daya saing, terutama untuk produk-produk ekspor, lebih khusus lagi di bidang otomotif", ungkapnya. 

Baca Juga: 2022 Pelabuhan Patimban Sudah Beroperasi

Saat ini, proyek pembangunan Pelabuhan Patimban sudah memasuki tahap final, seperti pemasangan ramp on/ramp off dari jalan akses, penetapan alur pelayaran dan perairan pandu, pemilihan operator, dan sejumlah hal lainnya.

Tahap pertama diperkirakan selesai pada Oktober 2020 mendatang. 

Pembangunan Pelabuhan Patimban dilaksanakan dalam tiga tahap. Tahap pertama, Pelabuhan Patimban direncanakan dapat melayani 3,75 juta TEUs.

Tahap kedua, kapasitas pelayanan akan meningkat menjadi 5,5 juta TEUs, dan pada tahap ketiga akan meningkat kembali hingga 7 juta TEUs (ultimate)
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x