Kompas TV nasional update corona

Pengembangan Vaksin Covid 19 Produksi Indonesia Terus Diupayakan

Kompas.tv - 22 September 2020, 03:09 WIB
pengembangan-vaksin-covid-19-produksi-indonesia-terus-diupayakan
Ilustrasi Vaksin Covid-19 (Sumber: LIPI)
Penulis : Tussie Ayu

JAKARTA, KOMPAS.TV – Vaksin merah putih atau vaksin Covid 19 buatan Indonesia, terus diupayakan untuk diproduksi di tanah air. Upaya ini juga dilakukan oleh Kementerian Riset dan Teknologi, agar percepatan untuk kemandirian vaksin bisa segera terlaksana.

"Pertama, penguatan di riset dan pengembangan vaksin di laboratorium. Selain protein rekombinan yang dikembangkan Eijkman, LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) dan beberapa universitas juga mengembangkan vaksin Covid-19 dengan berbagai platform lain," kata Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang PS Brodjonegoro seperti dilansir dari Antara, Senin (21/9/2020).

"Kemandirian bangsa di dalam penyediaan vaksin Covid-19 menjadi penting untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan vaksin bagi seluruh masyarakat Indonesia," tambah Menristek.

Penduduk Indonesia yang besar, atau sekitar 260 juta jiwa, dipakstikan akan membutuhkan vaksin dalam jumlah besar, terlebih lagi jika dibutuhkan dosis dua kali suntik vaksin per orang. Jumlah yang dibutuhkan Indonesia akan melebihi 260 juta ampul.

Selain itu, upaya selanjutnya yang juga dilakukan pemerintah yakni menambah kapasitas produksi vaksin dengan mengajak beberapa perusahaan swasta untuk ikut dalam investasi manufaktur vaksin.

Tim Pengembangan vaksin Covid-19 juga dibentuk dengan tujuan melakukan percepatan pengembangan vaksin Covid-19 di Indonesia. Selain itu, tim ini juga dibentuk untuk mewujudkan ketahanan nasional dan kemandirian bangsa dalam pengembangan vaksin.

Tim Pengembangan vaksin juga memiliki tujuan meningkatkan sinergi penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi serta invensi dan inovasi, produksi, dan distribusi.

Selain itu, tim juga melakukan penyiapan, pendayagunaan dan peningkatan kapasitas, serta kemampuan nasional dalam pengembangan vaksin virus corona. 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x