Kompas TV regional berita daerah

Bisnis Mozaik Kayu Jati Tembus Pasar Dunia

Kompas.tv - 16 September 2020, 16:27 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Bengkel kreatif milik Abdul Ghofur ini berada di Desa Cemanggah, Kelurahan Branjang, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Setelah gagal berkali-kali, barulah Abdul Ghofur memilih akar kayu jati sebagai bahan utama pembuatan mozaik ini.

Kendalanya adalah memasok ketersediaan akar jati untuk produksi dalam jumlah banyak. Gayung bersambut, karya pertamanya abdul ghofur adalah mozaik akar jati berbentuk kuda dan dipesan dari negara Inggris.

Selain kuda, ada juga bentuk elang, burung hantu, ayam, ikan, kelinci, rusa, gajah hingga naga. Abdul Ghofur menjamin karyanya dapat bertahan selama 15 tahun. Selain Inggris, karya Abdul Ghofur juga sampai di Irlandia. Patung kuda mozaik akar jati karyanya, juga menjadi koleksi tetap dan menjadi ikon event nasional di Irlandia.

Sementara karya mozaik gajah ukuran besar dipesan untuk sebuah museum di Kerajaan Pahang Malaysia. Selain itu sejumlah karyanya juga laku di sejumlah negara bagian di Amerika, Inggris, Belgia dan Jerman.

Bisnisnya kini juga menjadi mitra binaan pertamina mor IV Jateng-DIY, bahkan didukung untuk mengikuti beberapa pameran nasional hingga internasional.

Untuk harga pasar dalam negeri mozaik akar kayu jati ini, berkisar antara 1 juta hingga 10 juta rupiah.

#KayuJati #Mozaik #KabupatenSemarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x