Kompas TV nasional update corona

Banyak Perawat Gugur, Menkes Terawan: Kerja Ini Berisiko Tinggi, Kuncinya Disiplin

Kompas.tv - 15 September 2020, 18:10 WIB
banyak-perawat-gugur-menkes-terawan-kerja-ini-berisiko-tinggi-kuncinya-disiplin
Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia, Terawan Agus Putranto (Sumber: Youtube Kemendikbud RI)
Penulis : Desy Hartini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto hadir dalam acara doa bersama atas gugurnya para tenaga kesehatan karena Covid-19, Selasa (15/9/2020). 

Dalam Doa Perawat untuk Negeri yang diselenggarakan secara virtual, Terawan memberikan penghormatan bagi tenaga kesehatan yang gugur dalam menangani Covid-19.

Terawan pun menekankan pentingnya bagi para perawat untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan selama menjalankan tugas.

Baca Juga: Erick Thohir: Indonesia Teragresif di Asia Tenggara dalam Mencari Vaksin Covid-19

"Saat ini banyak teman rekan sejawat tenaga kesehatan yang sakit dan meninggal karena terpapar saat menangani Covid-19. Ini bukti bahwa kerja ini berisiko tinggi hingga bertaruh nyawa demi raga yang lain. Kuncinya disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan," kata Terawan, Selasa (15/9/2020). 

Terawan menyebut, setiap tindakan mulai dari penjemputan pasien hingga perawatan dan pelepasan pasien harus selalu mempraktikkan protokol kesehatan, termasuk setelah selesai bertugas dan istirahat.

Dalam kesempatan yang sama, Terawan turut menyampaikan ungkapan dukacita mendalam atas gugurnya para perawat akibat terpapar Covid-19 saat bertugas.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada para perawat yang sudah bertugas dalam menangani pasien Covid-19.

Baca Juga: Menkes Terawan: RS DKI Jakarta Masih Mampu Rawat Pasien Covid-19

"Saya menyampaikan rasa duka cita mendalam atas gugurnya 78 perawat dalam melayani pasien dalam melawan Covid-19. Paling banyak pada wilayah Jawa Timur. Semoga jasanya diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa," kata Terawan.

#Corona #Covid19 #Terawan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x