Kompas TV regional berita daerah

Bupati Uji Coba Jalan Khusus Truk Tambang Pasir

Kompas.tv - 15 September 2020, 15:04 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV – Bupati Lumajang, Jawa Timur, Thoriqul Haq, meresmikan dan uji coba jalan khusus truk tambang pasir pada Jumat sore (11/09). Bupati berharap jalan yang dibangun secara bersama-sama oleh para pemilik ijin tambang bisa menyelesaikan konflik antar masyarakat dengan pemilik armada pasir.

Sebelum secara resmi diujicobakan, Bupati Thoriq terlebih dahulu meninjau jalan khusus tambang pasir dengan mengendarai motor bersama sejumlah instansi terkait, TNI dan Polri.

Bupati menilai jalan tersebut sudah bisa dilalui oleh kendaraan armada pasir. Namun masih ada kekurangan dan perlu penyempurnaan di beberapa titik, seperti perlu adanya jembatan untuk mengatasi banjir, yang terjadi sewaktu-waktu.

Perawatan dan pengelolaan jalan khusus tambang pasir tersebut akan ditangani oleh Asosiasi Penambang Rakyat Indonesia Cabang Lumajang.

Baca Juga: Bupati Thoriq Cek Kerusakan Jalur Truk Tambang Pasir

Ketua Asosiasi Penambang Rakyat Indonesia Cabang Lumajang, Sofyan, mengatakan bahwa mereka akan bertanggung jawab penuh untuk menjadikan jalan khusus tambang tersebut beroperasi secara maksimal.

Pihak asosiasi akan mengenakan biaya kepada setiap pemilik armada sebesar 25 ribu rupiah untuk perawatan jalan. Biaya tersebut jauh lebih murah daripada melewati perkampungan warga, yang setiap armada pasir membayar uang 65 ribu rupiah.

 

#TambangPasir #JalanTrukPasir #BupatiLumajang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x