Kompas TV internasional kompas dunia

Hidangan Daging Hiu Busuk Dari Islandia

Kompas.tv - 15 September 2020, 11:56 WIB
hidangan-daging-hiu-busuk-dari-islandia
Hakarl, daging hiu yang berhasil ditangkap didiamkan, dibusukan selama enam bulan, kemudian dikeringkan agar dapat disantap. (Sumber: Down the Wrabbit Hole Travel)
Penulis : Agung Pribadi

Islandia - Kompas TV - Bila anda sedang berkunjung ke Islandia dan sengaja mencari kuliner khas asli negara ini, coba tanyakan Hakarl.

Hakarl adalah hidangan unik yang karena keunikannya membuat banyak orang yang pernah mencicipi hidangan laut ini sulit melupakannya. 

Betapa tidak, Hakarl adalah makanan berbahan dari ikan hiu yang di fermentasi, didiamkan serta dibusukan selama enam bulan dan kemudian dikeringkan dengan digantung dan akhirnya bisa di santap.

Fermentasi yang cukup makan waktu ini dimaksudkan agar kandungan racun dalam tubuh hiu bisa hilang. Tak heran karena spesies hiu Greenland yang hidup di perairan Islandia ini memiliki kadar kandungan urea yang cukup tinggi.

Urea ini pula yang menyebabkan daging hiu memiliki bau kombinasi antara bau bahan kimia dan bau pesing.

Bila baunya sudah muncul dengan tingkat kelembaban yang rendah, itu artinya Hakarl sudah siap untuk disajikan.

Dengan penampilannya yang berwarna kecoklatan dan sedikit lapisan kering, Hakarl bagi penduduk Islandia memiliki rasa yang sedikit manis dan cenderung tawar.

Namun demikian saat ini pengolahan Hakarl banyak menerima protes, termasuk dari WWF organisasi nirlaba yang tengah gencar melakukan pelarangan terhadap perburuan hiu.    



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x