Kompas TV video cerita indonesia

Benarkah Indonesia Jadi Pangkalan Fasilitas Militer China?

Jumat, 4 September 2020 | 21:10 WIB
Penulis : Abdur Rahim

JAKARTA, KOMPASTV – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memastikan, Indonesia tidak akan menjadi pangkalan militer bagi Negara Tiongkok.

Hal ini disampaikan Retno saat menghadiri pertemuan G-20 bersama beberapa negara.

“Betul ada berita yang mengatakan bahwa Indonesia akan dijadikan pangkalan fasilitas militer Tiongkok? Jawabannya tidak” ujar Retno saat memberikan keterangan pers (3/9).

Retno menegaskan, kebijakan politik luar negeri Indonesia tidak memungkinkan Indonesia menjadi basis militer bagi negara lain.

Baca Juga: Menteri Luar Negeri Membantah Soal Pangkalan Militer Cina di Indonesia

“Karena prinsip-prinsip politik luar negeri Indonesia tidak memungkinkan kita untuk dijadikan tempat atau basisi fasilitas militer bagi negara lain”, ungkap Retno dengan tegas.

Sebelumnya, menyusul adanya laporan dari Pentagon, Amerika Serikat yang berjudul 'Military and Security Development Involving the People's Republic of China 2020'.   

Laporan tersebut menyebut bahwa Indonesia akan dijadikan sebagai pangkalan militer bagi Tiongkok.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Persoalan Lahan IKN Tuntas Di Tahun 2023

Sabtu, 4 Februari 2023 | 16:36 WIB
Close Ads x