Kompas TV tekno internet

Apple dan Google Bikin 'Exposure Notifications Express , Lacak Kontak Pasien Covid-19 dengan Cepat

Kompas.tv - 3 September 2020, 12:30 WIB
apple-dan-google-bikin-exposure-notifications-express-lacak-kontak-pasien-covid-19-dengan-cepat
Ilustrasi foto mikroskopik virus corona (Sumber: TRIBUNNEWS.COM)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Apple dan Google mengumumkan sistem baru yang nantinya akan dilengkapi dengan sistem pemberitahuan covid-19. Sistem tersebut akan menentukan seberapa dekat dan berapa lama dua ponsel berada berdekatan.

Gunanya untuk memberitahu pengguna ketika mereka sempat berdekatan dengan pengguna lain yang teridentifikasi positif Covid-19.

Sistem baru yang dibuat oleh Google dan Apple ini, bukan merupakan aplikasi utuh yang langsung bisa diunduh di Play Store atau Apps Store, melainkan framework untuk pengembang aplikasi membuat aplikasi pelacak Covid-19 sesuai kebutuhan.

Apple dan Google menyebutkan aplikasi ini akan lebih mudah digunakan dan lebih cepat menyampaikan notifikasi jika pengguna terpapar virus Covid-19 (Exposure Notification Express).

Exposure Notifications Express juga bisa menjadi pelengkap aplikasi contact tracing yang dikembangkan otoritas kesehatan suatu negara, dengan tetap tanpa mengorbankan keamanan dan privasi pengguna.

Fitur notifikasi terkait virus Covid-19 (Sumber: theverge.com)

Fitur ini baru akan aktif jika pengguna memilih untuk ikut berpartisipasi dalam pelacakan itu. Baik Apple dan Google mengklaim sistem itu tidak akan mengumpulkan lokasi atau mengidentifikasi pengguna.

Nantinya sistem baru ini akan tersedia untuk ponsel yang menjalankan OS Android 6.0 Marshmallow atau yang lebih baru. Sementara, untuk pengguna Apple, sistem ini akan disebar untuk ponsel yang sudah menjalankan iOS 13.7 ke atas.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x