Kompas TV bisnis kebijakan

Subsidi Gaji 600 Ribu Gelombang 2 Siap Dicairkan, Target Penerima Ada 3 Juta

Kompas.tv - 2 September 2020, 21:39 WIB
subsidi-gaji-600-ribu-gelombang-2-siap-dicairkan-target-penerima-ada-3-juta
Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto menyerahkan simbolis 2,5 juta data penerima bantuan subsidi upah ke Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. (Sumber: KOMPAS.COM)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV – Bantuan subsidi gaji Rp600 ribu untuk pekerja swasta gelombang kedua bakal segera bergulir.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menjelaskan dalam waktu dekat gelombang kedua ini akan dilaksanakan.

Jumlah penerima bantuan langsung tunai berupa subsidi gaji Rp600 ribu pada gelombang kedua ini sebanyak 3 juta pekerja. Angka ini lebih besar dari gelombang pertama yakni sebanyak 2,5 juta penerima.

Baca Juga: Pelaporan Rekening Karyawan Penerima Subsidi Gaji Rp 600.000 Diperpanjang, Jangan Sampai Kelewatan

Ida menambahkan saat ini Kemnaker sedang menunggu validasi data nomor rekening penerima bantuan yang diperiksa BPJS Ketenagakerjaan.

Nantiya setelah melewati validasi dari BPJS Ketenagakerjaan, Kemnaker akan mengecek kembali dan barulah bantuan subsidi gaji Rp600 ribu bisa dicaikan ke penerima.

“Kita berharap akhir September (bantuan dicairkan), Saya berharap kepada BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Ida seusai  rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Rabu (2/9/2020).

Ida menambahkan data per tanggal 1 September 2020, sebanyak 1,9 juta pekerja sudah menerima bantuan subsidi gaji dari pemerintah.

Baca Juga: Penyaluran Subsidi Gaji Tahap Kedua Dipercepat, Rekening Tidak Harus Bank Pemerintah

Untuk memperlancar penyaluran bantuan pemerintah ini, Ida meminta para calon penerima dapat memberikan nomor rekening aktif mereka. 

Sejauh ini sudah ada 3 juta nomor rekening calon penerima yang masuk dan sedang di validasi oleh BPJS Ketenagakerjaan.

"Selebihnya itu memang masih ada data, yang misalnya rekeningnya itu tidak aktif kami kembalikan ke BPJS Ketenagakerjaan untuk disampaikan kepada para pekerjanya. Jadi kami ingin menyampaikan di sini kepada teman-teman pekerja, serahkan nomor rekening yang aktif," ujar Ida.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x