Kompas TV regional berita daerah

Kreatif! Raup Untung dari Daur Ulang Sampah Plastik

Kompas.tv - 30 Agustus 2020, 23:54 WIB
Penulis : Christandi Dimas

KOMPAS.TV - Persoalan sampah plastik menjadi isu yang sering diperbincangkan di banyak negara, termasuk Indonesia.

Di Surabaya, Jawa Timur, ada sekelompok anak muda yang menjadikan sampah plastik tidak lagi menjadi musuh. Oleh mereka, sampah plastik diubah menjadi ragam benda yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Awalnya, mereka mendapatkan bahan utama sampah plastik dari pemulung. Selanjutnya, untuk menjaga pasokan bahan sampah plastik, mereka kemudian menggandeng bank sampah.

Bank sampah tersebut dikelola langsung oleh banyak kampung di Surabaya, yang mana secara tidak langsung ikut meningkatkan perputaran ekonomi warga setempat.

Sejauh ini, barang-barang yang diproduksi kebanyakan home decor, furnitur, dan lembaran-lembaran papan yang biasanya digunakan untuk elemen interior.

Harga barang yang ditawarkan pun berkisar antara Rp 20.000 hingga jutaan rupiah tergantung bentuk, jenis, dan kerumitan pembuatannya.

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x