Kompas TV internasional kompas dunia

Selamatkan Tentara Inggris dari Penembak Al Qaeda, Anjing Ini Dapat Penghargaan

Kompas.tv - 30 Agustus 2020, 20:42 WIB
selamatkan-tentara-inggris-dari-penembak-al-qaeda-anjing-ini-dapat-penghargaan
Kuno, pensiunan anjing militer yang mendapat medali kehormatan. (Sumber: Sky News)
Penulis : Haryo Jati

LONDON, KOMPAS.TV - Seekor anjing militer yang telah pensiun mendapatkan penghargaan yang sejajar dengan Victoria Cross.

Penghargaan tersebut diberikan kepada anjing yang bernama Kuno itu setelah dia menyelamatkan tentara Inggris dari tembakan pejuang Al-Qaeda.

Kuno, yang merupakan anjing Belgian Shepherd berusia 3 tahun harus diamputasi pada salah satu bagian cakar belakangnya karena terkena peluru tembakan.

Baca Juga: Kakak Laki-laki Kim Jong-Un Ternyata Lebih Memilih Musik dan Miliki Hati yang Hangat

Cedera tersebut didapat setelah dia menyelamatkan tentara Inggris yang tengah melakukan operasi gabungan untuk menyergap Al-Qaeda pada 2019 lalu.

Ketika tentara Inggris tengah ditembaki, Kuno langsung berlari ke arah salah seorang penembak dan menyerangnya.

Dia pun berhasil membantu tentara Inggris untuk menyelesaikan misi mereka. Sayangnya, lokasi penyerangan itu tak dikemukakan dengan alasan keamanan.

Atas jasanya tersebut, Kuno dianugerahi medali PDSA Dickin, medali untuk binatang yang setingkat dengan medali bergengsi, Victoria Cross.

“Tanpa Kuno, hasil dari operasi tersebut jelas akan berbeda, dan jelas dia telah menyelamatkan nyawa tentara Inggris di hari itu,” tutur Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace dikutip dari Sky News.

Baca Juga: Demo Anti-Islam di Oslo Memanas, Wanita Pengunjuk Rasa Robek Al-Quran

“Penyerangan itu salah satu pencapaian yang paling signifikan saat menghadapi Al-Qaeda beberapa tahun terakhir,” sambungnya.

Medali PDSA Dickin telah diberikan kepada 34 anjing, 32 merpati pos di Perang Dunia ke-II, 4 kuda dan seekor kucing

“Cerita mengenai Kuno mengingatkan kita tak hanya atas dedikasi tentara kita dan para anjing militer, tetapi juga perhatian yang diberikan Angkatan Bersenjata Inggris kepada hewan yang telah melayani bersama mereka,” kata Wallace.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x