Kompas TV nasional sosial

Besok, Dua Kawasan Khusus Pesepeda di Jakarta Pusat Dibuka Kembali

Kompas.tv - 29 Agustus 2020, 06:53 WIB
besok-dua-kawasan-khusus-pesepeda-di-jakarta-pusat-dibuka-kembali
Kawasan Khusus Pesepeda (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara berencana akan membuka kembali dua kawasan khusus pesepeda (KKP) di wilayahnya.

Dua kawasan khusus pesepeda itu yakni, Kecamatan Gambir dan Kecamatan Kemayoran.

"Insya Allah (dibuka kembali) Minggu ini. Biasa dari jam 06.00 WIB sampai 09.00 WIB," kata Bayu, dikutip dari Kompas.com, Jumat (28/8/2020).

Di dua lokasi tersebut, petugas dari Dinas Perhubungan dan Satpol PP akan tetap berjaga untuk memastikan warga yang beraktivitas menerapkan protokol kesehatan.

"Pengawasan sama. Kami kan rutin menurunkan anggota juga untuk pengawas," pungkasnya.

Baca Juga: Pemprov DKI Kirim Surat ke Menteri PUPR, Minta Izin Tol Dibuka Buat Sepeda

Mengenai alasan pembukaan kawasan khusus pesepeda, kata Bayu, dikarenakan terjadinya peningkatan jumlah pesepada hingga empat kali lipat di kawasan Jalan Sudirman-Jalan MH Thamrin pada Minggu (23/8/2020) lalu.

"Semoga, pembukaan kawasan khusu pesepada ini bisa membantu para goweser, jadi tidak menumpuk di (Jalan) Sudirman-MH Thamrin," kata Bayu,

Untuk pembukaan kawasan khusus pesepeda di Kecamatan Kemayoran, Bayu mengaku akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Jakarta Barat dan Jakarta Utara yang bersinggungan dengan Kecamatan Kemayoran.

Pemprov DKI Tiadakan Kawasan Khusus Pesepeda
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meniadakan Kawasan Khusus Pesepeda yang berada di 32 tempat. Alasannya, banyaknya pelanggaran protokol kesehatan oleh pesepeda dan warga.

"Untuk sementara KKP kita tiadakan, sambil kami evaluasi untuk implementasi selanjutnya," terang Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo, dalam siaran pers Pemprov DKI, Rabu (12/8/2020) lalu.

Menurut Syafrin banyak warga yang tidak mengindahkan protokol kesehatan, seperti penggunaan masker dan membuat kerumunan. Warga juga mengabaikan peringatan dan larangan petugas di Kawasan Khusus Pesepeda.

"Ada juga warga yang sudah kami larang untuk berada di area KKP karena rentan penularan Covid-19, seperti lansia, anak-anak usia di bawah 9 tahun, dan para ibu hamil. Namun tetap kami temukan dengan berbagai alasan," jelas Syafrin.

Baca Juga: Soal Sepeda Masuk Tol, Dishub DKI: Aspek Keamanan Tetap Diutamakan!

Meski Kawasan Khusus Pesepeda ditiadakan, kata Syafrin, masyarakat yang ingin berolahraga di hari Minggu dapat memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan Pemprov DKI.

"Kita punya jalur sepeda sepanjang 63 km dan di beberapa kawasan seperti BKT, serta jalur sepeda sementara Sudirman-Thamrin-Merdeka Barat yang bisa dimanfaatkan," sebutnya.

Selain itu, juga ada jalur sepeda di kawasan-kawasan yang diperbolehkan untuk aktivitas olahraga. Seperti di Taman Tebet, Gelora Bung Karno (GBK).

"Masyarakat bisa jogging di sana. Dengan catatan tidak melakukan kerumunan dan menaati protokol kesehatan," tegas Syafrin.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x