Kompas TV regional berita daerah

Budidaya Lobster, Nelayan Desa Nain Keliling Pulau

Kompas.tv - 28 Agustus 2020, 15:10 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MINUT, KOMPAS.TV- Puluhan nelayan di Desa Nain Kabupaten Minahasa Utara melakukan ritual adat berupa keliling pulau Nain menggunakan perahu, sebagai pertanda siap melakukan budidaya lobster di perairan laut sekitar mereka tinggal. Ritual adat ini diyakini bisa memperlancar usaha  perekonomian warga yang sepenuhnya bergantung dari laut.

Budidaya lobster terbilang baru di pulau Nain, namun dari sisi pendapatan ekonomi nelayan, budidaya lobster dinilai lebih menguntungkan. Dikarenakan tak hanya laris di pasaran dalam negeri namun juga komoditas ini berorientasi ekspor.

Budidaya lobster pun telah didukung dengan terbitnya Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan nomor 12 tahun 2020 yang diteken menteri Edhy Prabowo, dimana regulasi ini  mengatur tentang pengelolaan lobster, kepiting dan rajungan di wilayah Indonesia.

Tahap pertama budidaya lobster oleh nelayan di desa Nain ini akan bekerjasama dengan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang budidaya lobster yakni PT.Ma'a Aitata Indah.

Dimana nelayan binaan akan menerima 100 karamba untuk mulai mengerjakan budidaya lobster, mulai dari penangkapan benih hingga budidaya lobster, dengan orientasi pemenuhan kebutuhan dalam negeri maupun ekspor.

Budidaya lobster ini diharapkan menjadi salah satu alternatif penguatan ekonomi nelayan desa Nain, yang selama ini relatif bergantung pada ikan hasil tangkapan di laut serta budidaya rumput laut yang harganya relatif fluktuatif.

#kompastvmanado #budidayalobster #kkpri

Yannemieke Singal Kompas tv Minahasa Utara

 

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x