Kompas TV nasional politik

Tanggapan Deklarator KAMI Din Syamsuddin Terkait Sindiran dari Sejumlah Pihak

Kompas.tv - 27 Agustus 2020, 17:03 WIB
tanggapan-deklarator-kami-din-syamsuddin-terkait-sindiran-dari-sejumlah-pihak
Salah satu inisiator Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Din Syamsuddin. (Sumber: KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Deklarator sekaligus Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI), M. Din Syamsuddin balik menyinggung sejumlah pihak yang sempat menyindirnya karena mendeklarasikan KAMI.

"KAMI mengajukan pikiran-pikiran kritis dan korektif terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara yang menyimpang dari Pancasila dan UUD 1945," kata Din Syamsuddin, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/8/2020). 

Baca Juga: Disindir Megawati, KAMI Bantah Ingin Jadi Presiden: Itu Politik Rendah...

Din pun balik mempertanyakan, "Mengapa mereka tidak mau menanggapi isi tapi berkelit menyerang pribadi, dan mengalihkan opini?".

Ia juga menyarankan pihak-pihak yang mempertanyakan, menyindir, dan menyinggungnya agar seyogyanya menjawab berbagai hal berikut ini:

  1. Tidak benarkah bahwa ada oligarki politik yakni bahwa tidak ada demokrasi sejati dalam partai politik karena keputusan partai ditentukan oleh segelintir bahkan satu orang? Akibatnya DPR dikendalikan oleh oligarki itu sehingga aspirasi rakyat terabaikan?
  2. Tidak benarkah bahwa ada budaya politik dinasti yakni menyiapkan anak-cucu menjadi penguasa dengan menghalangi orang-orang lain yang sebenarnya lebih berkualitas, dan akibatnya demokrasi Indonesia tercederai?

"Masih banyak pertanyaan substantif mendasar lagi, tapi sementara cukup dua itu," tutur Din.

"KAMI menanti tanggapan, bukan pengalihan. KAMI siap berdiskusi bahkan berdebat mengadu pikiran," imbuhnya.

Menurut Din, terhadap reaksi yang tidak substantif, baik dari para elit apalagi buzzer bayaran, KAMI tidak mau melayani.

Sebab, lanjut Din, hal demikian tidak mencerminkan kecerdasan kehidupan bangsa seperti amanat konstitusi.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyinggung deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) yang digagas Din Syamsudin Cs.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x