Kompas TV regional berita daerah

Batik Tulis dengan Dominasi Warna Merah Putih

Kompas.tv - 22 Agustus 2020, 17:07 WIB
Penulis : KompasTV Jember

BONDOWOSO, KOMPAS.TV - Momentum bulan kemerdekaan dimanfaatkan oleh sejumlah perajin batik di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur untuk membuat batik merah putih. Nuansa merah putih semakin terlihat elegan dengan balutan motif budaya nusantara.

Perajin batik di sanggar batik canting tradisional Desa Kemirian, Kecamatan Tamanan, Kabupaten Bondowoso nampak sibuk memproduksi kain batik, yang banyak dipesan warga.

Baca Juga: Omzet Pedagang Batik Canting Bondowoso Naik 3x Lipat

Pesanan batik yang diproduksi berbeda dengan batik pada umumnya. Kali ini motif batik yang diproduksi memadukan berbagai simbol budaya nusantara dan kekayaan adat indonesia dengan dipadukan dominasi warna merah putih.

Hasilnya adalah batik motif Garuda  Wisnu Kencana, Bunga Wijaya Kusuma, Garuda Indonesia dan Tokoh Pewayangan. Motif ini semakin terlihat menawan dan elegan dengan dipadukan warna keemasan.

Baca Juga: Melihat Koleksi Batik Sang Maestro Keroncong Waldjinah.

Perajin batik canting, Andrianto memasang harga mulai 500 ribu rupiah untuk selembar kain batik dengan ukuran panjang 2 meter dan lebar 1,5  meter.

Selain dipesan untuk pembuatan kemeja, juga banyak dipesan untuk souvenir peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

 

#BatikTulis #KainBatik #MerahPutih #PerajinBatik



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x