Kompas TV nasional berita kompas tv

Bocah SD Jadi Kuli Panggul Demi Beli Ponsel untuk Belajar

Kompas.tv - 22 Agustus 2020, 15:36 WIB
Penulis : Christandi Dimas

JAKARTA, KOMPAS.TV - Belajar jarak jauh atau online di masa pandemi corona membuat pelajar dari keluarga tidak mampu terhambat mengakses pelajaran.

Segala cara dilakukan agar murid bisa tetap mendapat pelajaran. Salah satunya, bekerja demi mengais pundi-pundi dan membeli ponsel untuk belajar.

Dari permukiman padat penduduk di Sawah Besar, Jakarta Pusat, adalah Faisal, yang belajar dari rumah dengan bahan bacaan terbatas.

Tidak memiliki gadget atau ponsel membuat siswa Kelas V SD ini kesulitan mencerna setiap mata pelajaran selama belajar jarak jauh atau online akibat pandemi.

Demi bisa membeli ponsel, tidak peduli dengan usianya yang masih di bawah umur, Faisal memilih bekerja mendulang pundi-pundi rupiah menjadi kuli panggul air galon di sebuah warung dekat rumahnya.

Setidaknya, uang Rp 30 ribu didapatnya setiap hari yang kemudian ditabung sebagai modal membeli ponsel untuk belajar seperti teman-temannya.

Tanpa paksaan dari orangtua, keadaan ekonomi keluarga yang tidak memadai, mendorong anak laki-laki itu menjadi kuli panggul untuk tidak ketinggalan pelajaran.

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x